Riau Jamin Fasilitas PON Tuntas Tahun Ini

Kamis, 27 Januari 2011 – 23:03 WIB

JAKARTA  - Ketua Umum PB PON XVIII yang juga Gubernur Riau, Rusli Zainal, menyatakan bahwa fasilitas dan sarana maupun prasarana pedukung dalam penyelenggaraan PON di Riau pada September 2012 mendatang tidak akan ada lagi yang tercecerRusli memastikan semuanya tuntas di akhir tahun ini. 

"Pada tahun ini, kita harap sarana prasarana alahraga yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan PON nanti tak ada lagi yang tercecer, semuanya akan kita pastikan tuntas," ungkap Rusli saat memberikan pemamparan persiapan Riau sebagai tuan rumah PON XVII dalam acara dialog interaktif di Gedung DPD RI, Kamis (27/1).    

Hadir dalam dialog bertema "Dampak PON Terhadap Perekonomian Kerakyatan" itu antara lain anggota DPD RI asal Riau yakni Abdul Ghafar Usman, Maimanah Umar dan Intsiawaty Ayus

BACA JUGA: Persib Penuhi Syarat Lompat ke LPI

Menurut Rusli, saat ini kekurangan anggaran untuk mendanai pengadaan fasilitas olahraga maupun membenahi fasilitas yang sudah ada hanya sekitar Rp500 miliar
Dengan angka itu, Rusli mengharap dukungan dari pemerintah pusat agar membantu pendanaan melalui APBN maupun anggaran dari APBD dan pihak ketiga (swasta).

"Alhamdulillah, pekan lalu kita sudah mendapat dukungan dari Komisi X DPR RI terkait dengan dukugan anggaran

BACA JUGA: Duka Cedera Rafael Dihapus Panggilan Samba

Komisi yang membidangi masalah olahraga itu sudah membentuk Panja sebagai bentuk dukungannya terhadap penyelenggaraan PON Riau
Termasuk juga mengenai anggaran yang akan diperjuangkan melalui APBN," terang Rusli

BACA JUGA: Award Milito buat Mourinho



Disebutkan Rusli, saat ini persiapan PON Riau sudah mencapai 86 persenDengan menjadi tuan rumah pesta olaharaga empat tahunan itu, Rusli optimis  Riau akan mendapat keuntungan besarSebab, perhelatan itu membuka menjadi kesempatan untuk mempromosikan daerah sekaligus menigkatkan perekonomian rakyat.

"Dalam penyelenggarakan PON kita mencanangkan empat sukses yang bisa diperolehYaitu sukses sebagai penyelenggara, prestasi, promosi, dan sukses pembinaan ekonomi kerakyatan," kata Rusli seraya menambahkan, target besar Riau PON kali adalah menjadi juara umum, sementara target relaistisnya adalah masuk tiga besar.

Untuk itu, Rusli meminta kepada anggota DPD khususnya dari Riau juga dapat memperjuangkan anggaran yang diperlukan untuk PON RiauDengan demikian, pembangunan sarana prasaran olahraga dapat digesa dan selesai sesuai dengan waktu yang telah ditargetkan.      

Pada dialog itu, anggota DPD Ghafar Usman menyatakan bahwa pihaknya akan mengawal serta memperjuangkan kebutuhan-kebutuhan yang masih diperlukan untuk mendukung penyelenggaraan PON di RiauGhafar mengaku dalam rapat Komisi IV DPD dengan pemerintah, selalu meminta agar Riau lebih diperhatikan karena pada 2012 menjadi tuan rumah PON XVIII.

"Di samping kita mendesak dukungan anggaran untuk membantu penyediaan sarana dan prasarana olaharaga, kita juga meminta agar pembangunan infrastruktur Riau seperti jalan, jembatan dan ifrastruktur lainnya juga harus menjadi perhatian seriusKarena ini juga menjadi pendukung kelancaran penyelenggaraan PON nanti," pungkasnya(yud/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ferrari Pilih Nama F150


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler