Ribuan Bonek Diperkirakan Tiba Hari Ini di Bandung

Jumat, 06 Januari 2017 – 10:00 WIB
Aksi Bonek Bela Persebaya di Surabaya Senin (26/12) siang tadi. Foto: Bonek for JPNN

jpnn.com - JPNN.com – Ribuan bondo nekat (Bonek) diperkirakan akan tiba hari ini di Bandung. Kedatangan mereka bertujuan untuk mengawal jalannya Kongres Tahunan PSSI.

Jajaran Polisi Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) telahmelakukan berbagai antisipasi.

BACA JUGA: Simak! Peringatan Keras Polda Jabar untuk Bonek

Salah satunya dengan menampung mereka di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Antisipasi ini dilakukan supaya ribuan Bonek tersebut tidak berkeliaran di jalan dan meresahkan masyarakat.

BACA JUGA: Ini Pesan Kang Emil untuk Bonek

”Makanya, begitu datang ke Bandung, mereka akan kami arahkan dahulu langsung ke Stadion GBLA,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Polisi Yusri seperti diberitakan Bandung Ekspres (Jawa Pos Group) hari ini.

Sampai saat ini, Bonek yang sudah masuk sebanyak 250 orang, sekarang sudah ada di GBLA. Kedatangan Bonek secara bertahap. Kemungkinan, katanya, hari ini (6/1) sebanyak 1.800 orang datang dengan menggunakan 60 bus.

BACA JUGA: Bonek Tiba Hari Ini, Stasiun Kiaracondong Dijaga Ketat

”Informasi lain, dua gerbong kereta api yang masih berkoordinasi dengan penanggung jawab dari Bonek, mungkin sebanyak 1.100 yang diizinkan menggunakan kereta,” paparnya.

Dia mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan kongres PSSI dilaksanakan pada Minggu (8/1). Pihaknya mempersiapkan personel untuk pengamanan sebanyak 1.558 orang. Jumlah tersebut ditambah pengamanan dari pihak TNI dan stakeholder yang lainnya.

Di sisi lain, sejumlah tempat juga menjadi konsentrasi pengaman. Di antaranya Hotel Aryaduta yang dijadikan lokasi kongres. Di lokasi tersebut di bagi beberapa ring pengamanan.

”Kita upayakan berjalan aman. Termasuk mengantisipasi rekan-rekan Bonek yang mendekati Aryaduta,” ungkapnya.

Menurut Yusri, Bonek sebelumnya merencanakan akan ada aksi damai. Namun mereka tidak memiliki izin dan dinilai mengganggu jalannya kongres PSSI di Bandung.

”Kalau Bonek melanggar anturan sesuai pidana, kita akan tindak dengan tegas.Kkita akan arahkan keluar dan kembali ke Surabaya,” tegasnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Bandung sambut kedatangan Bonek dengan cara menyediakan sarana peristirahatan di GOR Lodaya (lapang takraw) dan GOR Padjajaran, Jalan Padjajaran Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, kedatangan Bonek ke kota Bandung memang jadi perhatian semua pihak termasuk Pemkot Bandung. Makanya, dia berinisiatif menyiapkan sarana penginapan di dua lokasi yakni GOR Lodaya dan GOR Padjajaran sebagai bentuk sambutan dari Pemkot Bandung.

”Saya sudah perintahkan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Bandung untuk menyediakan tempat istirahat,” katanya kepada wartawan saat ditemui di Pendopo, Kota Bandung, kemarin (5/1).

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, pihaknya mempersilakan para Bonek datang ke Kota Bandung. Namun dengan catatan harus menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan. Jangan sampai terjadi kericuhan yang mengakibatkan kerugian.

”Bagaimanapun juga jumlah Bonek yang datang pasti banyak. Jadi saya sampaikan jagalah ketertiban,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kadispora Kota Bandung Dodi Ridwansyah mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sarana penginapan untuk istrahat superoter Persebaya Surabaya di GOR Lodaya dan Gor Padjajaran.

Menurutnya, kedua tempat tersebut bisa menampung ribuan Bonek yang hendak mengawal Kongres PSSI pekan depan.

”Sesuai arahan Pemkot Bandung, sarana peristirahatan bagi Bonek sudah tersedia. GOR Lodaya paling 500 orang dan Pajajaran bisa menampung lebih banyak lagi,” ujarnya.

Dodi menambahkan, kendati GOR Lodaya dan GOR Padjajaran tidak senyaman penginapan pada umumnya. Akan tetapi, setidaknya bisa menjadi tempat istirahat dan berteduh.

Untuk itu pihaknya sudah perintahkan pengelola dua tempat tersebut untuk menyiapkan sarana fasilitas seperti membersihkan toilet dan mengatur cahaya penerangan.

”Intinya mereka bisa beristirahat dan tidak kepanasan maupun kehujanan,” jelas Dodi.

Menurutnya, mengenai akan adanya kerusakan fasilitas sarana olahraga di GOR Lodaya dan Padjajaran, dirinya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Sebab, kedua tempat tersebut tidak memiliki barang atau fasilitas yang menarik untuk dirusak.

”Saya harap agar teman-teman Bonek bisa menjaga aset dan fasilitas olahraga di lokasi istirahat nanti,” pungkasnya. (yul/dn/rie)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Seribu Bonek Siap Geruduk Bandung


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Persebaya   Bonek  

Terpopuler