Ribuan Masyarakat Tumplak di Indonesia Run For Palestine

Senin, 26 Februari 2024 – 09:32 WIB
Aqua ikut ambil bagian dalam kegiatan Run for Palestine yang diikuti ribuan masyarakat. Foto dok. Danone-Aqua

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Sebanyak dua ribu lebih masyarakat ambil bagian dalam kegiatan 'Indonesia Run For Palestine'.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi apik antara Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama (Kemenag) beserta sejumlah sponsor lainnya.

BACA JUGA: Menteri Pemberdayaan Perempuan Israel Bangga Melihat Gaza Runtuh

Kegiatan lari dalam rangka solidaritas kemanusiaan untuk Palestina itu dibuka dan dilepas di lapangan Graha Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Jalan Gerbang Pemuda Nomor 3, Senayan pada Minggu (25/2).

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Asrorun Ni’am Sholeh membuka dan melepas para peserta lari.

BACA JUGA: Kampanyekan Gaya Hidup Sehat, Kemenparekraf Gelar Ajang ASN & Parekraf Runners

Dia mengapresiasi kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan lari santai itu. 

Menurutnya, kehadiran ribuan peserta itu menunjukkan posisi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

BACA JUGA: BATC 2024: Kalah dari Korea, Indonesia Harus Puas Menjadi Runner Up Grup D

“Olahraga adalah bahasa yang universal untuk mengekspresikan sebuah hajat dan tujuan. Hari ini semua berkumpul, lari, dalam rangka memberikan dukungan moral finansial, dan juga spiritual bagi kemerdekaan Palestina,” katanya.

Dukungan ini, lanjutnya memiliki makna untuk proses perwujudan perdamaian atau kemerdekaan Palestina.

Di tengah kondisi sekarang, masyarakat Palestina masih berada dalam penindasan dan juga penjajahan, serta genosida dan juga agresi dari Israel. 

“Saya mengucapkan selamat berolahraga kepada para peserta. Saya berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat baik dari segi olahraga maupun segi kemanusiaan yang universal,” ucapnya.

Sementara itu, Danone-Aqua ikut ambil bagian dalam kegiatan Run for Palestine Event ini.

VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menyatakan komitmen Danone-Aqua menentang  segala bentuk agresi termasuk agresi Israel di Gaza dan mendukung upaya pemerintah mendukung Palestina,.

Adapun rute yang ditempuh para peserta di sekitar kawasan Gelora Bung Karno (GBK) mencapai 5,5 kilometer.

Beragam doorprize diberikan selepas lari kepada para peserta yang beruntung, dengan hadiah utama berupa umrah.

Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA mengatakan kegiatan ini bertujuan mendukung aksi kemanusiaan dan menggalang donasi bagi Palestina, dengan kegiatan utamanya berupa Fun Run.

“Ini bukan olahraga biasa, tetapi bentuk kepedulian untuk saudara-saudara kita di Palestina,” katanya.

Kiai Noor menjelaskan dengan konsep kolaborasi, Baznas mengundang seluruh masyarakat tanpa terkecuali, untuk bersama-sama bergerak bagi Palestina dan mengambil bagian pada kegiatan Indonesia Run for Palestine baik menjadi peserta, sponsor, maupun dukungan lainnya.

Fokus utama kegiatan ini, lanjut Prof. Noor, pada nilai-nilai kemanusiaan serta dukungan kepada saudara-saudara di Palestina yang membutuhkan bantuan.

"Program ini mencakup acara Fun Run sebagai kegiatan utama dengan target 1.000 peserta, di mana peserta nantinya akan berlari atau berjalan bersama dalam semangat persatuan dan solidaritas untuk rakyat Palestina," lanjutnya.

Danone Indonesia baru-baru ini telah menyalurkan bantuan kemanusaian melalui Baznas RI sebasar Rp 500 juta untuk warga Palestina.

Mereka juga sempat menyerahkan bantuan langsung kepada kedutaan besar Palestina di Indonesia sebesar Rp 630 juta yang diterima langsung oleh Wakil Duta Besar Palestina Ahmed Metani.

 Dalam beberapa sumbangan yang diberikan Danone Indonesia untuk warga Palestina selalu melibatkan seluruh karyawan Danone Indonesia dan AQUA.

Selain itu, Danone Indonesia juga memberikan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina sebesar Rp 2 miliar melalui Lazis Muhammadiyah (LazisMU) dan Lazis Nahdlatul Ulama (LazisNU). (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tingkatkan Solidaritas, BAZNAS Gelar Indonesia Run for Palestine


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler