Ribuan Orang Tertipu Arisan Kurban

Sabtu, 01 Agustus 2020 – 11:07 WIB
Korban penipuan paket kurban mendatangi rumah terduga pelaku di wilayah Cianjur Kota. Foto: Dadan Suherman/Radar Cianjur

jpnn.com, CIANJUR - Ribuan orang dari berbagai daerah menjadi korban penipuan berkedok paket murah.

Penipuan tersebut diketahui setelah sejumlah korban menggeruduk kediaman yang diduga pelaku di Kampung Limbangan RT 03/RW 04, Desa Limbangan Sari Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jumat (31/7).

BACA JUGA: Jambret Apes, Tertabrak Mobil, Diamuk Warga, Kaki Patah

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lokasi, para korban datang ke rumah terduga pelaku berinisial AN di Limbangansari untuk meminta sejumlah barang yang telah dijanjikan setelah sekian waktu para korban mengikuti arisan atau paket murah ke salah satu perusahaan yang dipimpin AN tersebut.

Arisan yang dijanjikan seperti hewan kurban, elektronik, dan kendaraan.

BACA JUGA: Kekeyi Dilarikan ke Rumah Sakit

Salah seorang korban asal Sukabumi, Setiawan (35) mengaku, penanggungjawab pengelola arisan tersebut membentuk 80 orang ketua.

Satu ketua bisa memegang sampai puluhan resseler. Kemudian dari satu reseller bisa menghimpun anggota hingga ratusan anggota.

BACA JUGA: ASN Korban Pencurian Pecah Kaca: 30 Menit Makan Sate, Uang Ribuan Dolar Raib

“Saya ikut arisan kambing delapan, dan arisan televisi, termasuk arisan handphone, serta arisan dispenser,” kata Setiawan di rumah terduga pelaku AN, Jumat (31/7).

Dirinya mengaku cukup tergiur mengikuti paket arisan tersebut sebab, diiming-imingi pembayaran sebesar Rp 15 ribu per bulan, hingga bisa dapat satu ekor domba dalam setahun.

Termasuk membayar Rp 500 ribu per bulan hingga dapat motor N Max dalam setahun.

“Saya yakin nominalnya kalau dihimpun semua ini akan menjadi angka yang fantastis. Karena selain menyasar warga biasa, banyak juga pekerja pabrik yang ikut. Itu kebayang berapa jumlahnya,” kata dia.

Sementara itu, Kabbag Ops Polres Cianjur Kompol Warsito mengatakan, secara hukum belum ada pelaporan. Tentunya siapa yang ditipu harus jelas. Dia menyarankan agen atau reseller melapor ke pihak kepolisian.

“Jadi intinya kami juga belum tahu persis seperti apa kronologis kejadian dan yang dilakukan oleh terduga pelaku. Kebanyakan info dari para korban atau warga yang ada di lokasi itu semacam paket kurban dan barang lain,” katanya.

Pihaknya tetap berharap kepada para korban yang diduga tertipu supaya melapor. Agar kepolisian segera menindaklanjuti kejadian ini. (dan/radarcianjur)


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler