Ribuan Pendukung NasDem Birukan KPU Lombok Tengah saat Mendaftar

Jumat, 12 Mei 2023 – 01:20 WIB
Partai NasDem Lombok Tengah bawa massa 2.500 orang saat mendaftar di KPU. Foto: Edi Suryansyah/JPNN.com

jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Ribuan pendukung dan simpatisan DPD Partai NasDem Kabupaten Lombok Tengah, NTB memadati kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. 

Mereka ramai-ramai datang untuk mengajarkan para jagoannya untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk DPRD Lombok Tengah. 

BACA JUGA: Ada Airlangga saat Bukber Koalisi Perubahan di NasDem, AHY Bilang Begini

Setibanya di kantor KPU, nampak rombongan partai besutan Surya Paloh itu diiringi oleh alat kesenian Sasak (Gendang Beleq). 

Ketua DPD NasDem Lombok Tengah Ahmad Samsul Hadi, Proses pendaftaran itu diikuti oleh sebanyak 50 Bacaleg. 

BACA JUGA: Pusing Lihat NasDem, Bu Connie Surati Surya Paloh demi Mundur dari Dewan Pakar

Seluruh Bacaleg tersebut merupakan kader-kader terbaik Partai NasDem yang sudah dipilih dan diseleksi untuk bertarung pada Pemilu 2024.

"Kami tadi jalan kaki dari Kantor DPC ke sini (KPU) dengan membawa 2.500 orang pendukung," kata Samsul di Kantor KPU Lombok Tengah, pada Kamis (11/5) siang. 

BACA JUGA: Wacana Golkar Gabung KP, Nasdem: Koalisi Semakin Kuat

Selain itu, Samsul menjelaskan juga jika seluruh massa tidak lain merupakan para pendukung semua Bacaleg yang ikut mendaftar ke kantor KPU Lombok Tengah. 

"Karena ini serentak di Indonesia mulai dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten. Kami ingin menangkan semua Bacaleg kita khususnya di Lombok Tengah," ujar Samsul. 

Menurut Samsul dari 6 dapil yang tersebar untuk DPRD Lombok Tengah, partai NasDem sendiri menargetkan jumlah kursi naik 100 persen pada Pileg 2024 nanti.

Dengan target seperti itu, tentu pihaknya telah menyimpan komposisi penempatan semua Bacaleg.

Partai NasDem sendiri yakin bisa melampaui torehan yang sudah diraih pada Pileg 2019 lalu.

"Sekarang kita ada 3 kursi di DPRD Lombok Tengah. Kami optimis naik 100 persen jadi 6 kursi. Kalau bisa 8 kursi," tegas Samsul.

Samsul juga menyampaikan bahwa, Bacaleg perempuan dari Partai NasDem sudah melampaui 30 persen.

Hal itu kata Samsul, menandakan bahwa Partai NasDem memang sejak awal komitmen untuk memberikan ruang kepada kaum perempuan.

"Jumlah Bacaleg perempuan kamu juga sudah melampaui angka 30 persen di Lombok Tengah," katanya.

Partai berlambang Mercy itu sendiri sangat terbuka dan rasional dengan kemampuan seluruh Bacaleg.

Bahkan tak tanggung-tanggung, khusus kader yang sudah duduk dua periode di DPRD Lombok Tengah diberikan jalan naik level mendaftar di DPRD tingkap Provinsi.

"Sebagai partai yang modern kami rasional untuk memberikan kader yang sudah dua periode di Kabupaten silakan maju ke Provinsi," ungkapnya.

Samsul pun mengaku ada dua kader NasDem dari Kabupaten Lombok Tengah yang siap pindah haluan mencari peruntungan politik bertarung di DPRD Provinsi NTB.

"Jika ada 2 kader bertarung di satu dapil kami tegaskan tidak boleh saling menjatuhkan. Semua kader NasDem adalah kawan," tegasnya.

Di sisi lain, pria yang kerap disapa Memed itu juga mengatakan, seluruh Bacaleg NasDem yang sudah resmi mendukung Anies Rasyid Baswedan sebagai Capres 2024.

Baginya, mereka akan bekerjasama secara baik untuk memenangkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebagai orang nomor satu di Indonesia.

"Kami realistis saja. Banyak dukungan datang. Beberapa kader kami juga sudah siap bertarung," pungkasnya.

Tempat yang sama, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM Ahmad Fuad Fahrudin menjelaskan seluruh berkas Bacaleg oleh Partai NasDem dipastikannya sudah memenuhi syarat.

"Kami menyambut dengan hangat partai NasDem yang resmi ajukan bakal calon legislatif nya," kata Fuad.

Hingga hari ini sudah ada 3 partai yang secara resmi mendaftar di KPU Lombok Tengah.

Mulai dari partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai NasDem.

Untuk waktu pendaftaran, lanjut Fuad, mulai tanggal 1 sampai 14 Mei 2023 dan dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WITA.

"Kecuali hari terkahir ya. Nanti kami buka tanggal 14 Mei itu mulai pukul 08.00 sampai pukul 23.59 WITA," pungkas Fuad. (mcr38/jpnn) 


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Edi Suryansyah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler