Ribuan Perempuan Ikuti Literasi Keuangan dari Prudential Syariah di Women Festive 2024

Selasa, 06 Agustus 2024 – 10:15 WIB
Ribuan perempuan mengikuti literasi keuangan dari Prudential Syariah di Women Festive 2024. Foto: Dok. Prudential Syariah

jpnn.com, JAKARTA - PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) terus memperkuat komitmennya dalam meningkatkan literasi keuangan dan asuransi syariah serta mendukung pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia, termasuk bagi perempuan.

Kali ini Prudential Syariah berpartisipasi dalam Women Festive 2024, kajian muslimah terbesar di Indonesia yang diadakan di Ballroom Krakatau, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 3 Agustus 2024.

BACA JUGA: Prudential Syariah Tunjuk Iskandar Ezzahuddin Ahmad Zulkiflee Sebagai Presiden Direktur

Dalam acara ini Prudential Syariah mengadakan berbagai kegiatan menarik bagi para pengunjung, seperti edukasi seputar finansial dan asuransi syariah, konsultasi keuangan langsung dengan tenaga pemasar, dan tes kadar lemak gratis.

“Salah satu wujud komitmen kami dalam pemberdayaan perempuan adalah dengan meningkatkan literasi finansial dan asuransi syariah. Kami percaya perempuan memiliki peran yang sangat penting sebagai tonggak finansial keluarga. Apalagi dalam keluarga muslim, perempuan khususnya ibu memiliki peran sebagai madrasah utama dalam memberikan pendidikan dan membangun keluarga yang penuh cinta. Kami bangga dapat berpartisipasi dalam kegiatan Women Festive yang diikuti lebih dari 4.200 peserta, untuk mendengarkan sekaligus memberikan edukasi dan pemahaman literasi keuangan maupun perencanaan keuangan syariah kepada para muslimah,” kata Head of Actuary Prudential Syariah Rina Elvi Roza.

BACA JUGA: Prudential Syariah Raih Penghargaan Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah Terbaik se-Asia

Otoritas Jasa Keuangan melaporkan bahwa tingkat literasi keuangan syariah di Indonesia pada 2022 masih mencapai 9,14%, sementara tingkat inklusi keuangan syariah mencapai 12,12%.

Ini menunjukkan masih banyak pekerjaan rumah yang perlu dilakukan untuk mendorong literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia, salah satunya dengan mengedukasi para perempuan.

BACA JUGA: Geram Kapolres Jember 5 Anggotanya Dikeroyok Pesilat PSHT, Aipda Parmanto Terluka Parah

Di sisi lain, potensi pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia masih sangat tinggi, mengingat jumlah penduduk muslim di Indonesia tercatat sebesar 236 juta jiwa atau sekitar 84,35% dari total populasi nasional pada tahun 2024.

Perempuan juga merupakan salah satu kunci penggerak ekonomi di Indonesia, termasuk ekonomi syariah, dengan jumlah penduduk perempuannya mencapai 49,5% dari total penduduk Indonesia pada tahun 2022.

Data dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) pada 2022 menunjukkan bahwa sebanyak 64% dari UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan.

Semakin banyak perempuan Indonesia yang melek secara keuangan, baik sebagai ibu maupun pengusaha, akan berdampak positif pada kemajuan ekonomi di Indonesia, termasuk ekonomi syariah.

Prudential Syariah terus mendukung penuh upaya-upaya untuk memberdayakan perempuan Indonesia agar semakin melek finansial, termasuk dalam hal ekonomi dan asuransi berbasis syariah.

Pada Agustus 2023 silam, Prudential Syariah telah menandatangani nota kesepahaman dengan organisasi perempuan Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) untuk mendukung pemberdayaan perempuan dalam literasi dan inklusi keuangan Syariah.

Di tahun yang sama, Prudential Syariah juga pernah bekerja sama dengan NU Care-LAZISNU PBNU untuk mengadakan kegiatan literasi keuangan Syariah yang menyasar perempuan pelaku UMKM.

“Kami berharap melalui acara ini muslimah dapat terlibat secara aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia, serta senantiasa menjaga amanah dengan memberikan proteksi berbasis syariah kepada keluarga sekaligus berkontribusi untuk saling tolong-menolong antar sesama serta mencapai hidup yang lebih berkah,” kata Rina.

Women Festive adalah sebuah acara kajian khusus muslimah yang diinisiasi oleh publik figur Indonesia, Fenita Arie.

Kajian terbesar ini merupakan bagian dari Hijrahfest, acara perniagaan syariah, dan dilaksanakan untuk menjadi ajang bagi para muslimah untuk bersilaturahmi serta sarana bertukar pikiran seputar kesehatan mental, keluarga, dan karier.

Tahun ini Women Festive mengusung tema “Heal your Soul” dan menghadirkan sesi diskusi dengan Ustazah Ayu Naylul Muna Almunawwar yang membawakan topik "Terapi Jiwa", serta Ustazah Aisyah Farid binti Syekh Abu Bakar dengan topik "To Myself".

“Alhamdulillah, kami berterima kasih atas dukungan penuh dari Prudential Syariah dalam acara Women Festive tahun ini. Melalui pemahaman finansial dan perlindungan asuransi dari Prudential Syariah, para muslimah dapat memperoleh edukasi yang komprehensif dan praktis untuk mencapai keberkahan finansial yang lebih baik dan berkelanjutan sesuai dengan prinsip syariah. Saya berharap keterlibatan Prudential Syariah di Women Festive tidak hanya berhenti di sini saja,” kata Figur Publik dan Founder Women Festive Fenita Arie. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Siapkan 40 Ribu Kuota CPNS, 5% Ditempatkan di IKN


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler