Ribut Soal Toilet, Marzuki Sebut Pengkritik Bodohi Rakyat

Senin, 09 Januari 2012 – 01:38 WIB

JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie menganggapi pengkritik rencana renovasi toilet di Gedung DPR senilai Rp 2 miliar. Mantan Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat itu mengajak  masyarakat untuk berpikir jernih.

“Masak ada yang mengatakan renovasi tidak perlu. Saya tegaskan kalau memang harus direnovasi yah kita harus merenovasi. Kita tidak bisa biarkan sesuatu yang memang harus diperbaiki,” ujar Marzuki kepada wartawan di Jakarta, Minggu, (8/1).

Marzuki mengingatkan, jangan hanya sekedar mencari popularitas lantas segala hal yang menyangkut pembangunan dikritik. Kata dia, terlalu sering rakyat dibodohi karena pernyataan-pernyataan yang tidak jelas.

"Rakyat harus diberikan informasi yang menjernihkan, jangan semuanya menggunakan logika terbalik," katanya.

Dia menjelaskan, rakyat akan paham apabila dijelaskan dengan baik tentang kebutuhan perlunya renovasi toilet. ”Jangan semuanya dipolitisasi dan diplintir," tegasnya.

"Rakyat diajak berpikir jernih dan proporsional. Yang namanya benda dipakai, kan satu saat harus diperbaiki. Toilet salah satu benda yang harus diperbaiki karena digunakan setiap hari," lanjutnya.

Ia mengingatkan, selain untuk membuat hajat, toilet itu juga menjadi tempat mengambil wudhu dan mandi anggota dewan. “Tempat itu percampuran yang bersih dan kotor, orang melaksanakan hadas disana, mengamil wudhu disana. Kadang orang yang mau sholat jadi ragu, apakah dia bebas dari najis jika berwudhu disana. Ini kan menyangkut kebersihan dan ibadah juga,” ujarnya.

Terkait soal mahalnya harga merenovasi toilet, Marzuki menjelaskan, itu merupakan kewenangan Sekjen DPR yang mengetahui spesifikasinya. “Kalau dikatakan terlalu mahal, itu kan ada standar bangunan untuk gedung pemerintah. Sekjen tidak bisa keluar dari garis standar yang telah ditetapkan," jelasnya.

Ditambahkan Marzuki, kalaupun dikatakan ada mark up,  sudah ada BPK dan KPK yang mengawasi. "Tangkap saja kalau ada mark up, tapi bukan berarti tidak boleh ada renovasi,” jelasnya. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Komisioner KIP Ancam Mundur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler