Ricky Hatton Siap Kembali ke Ring

Jumat, 14 September 2012 – 17:27 WIB
LONDON - Mantan pemegang dua gelar juara dunia tinju asal Inggris Ricky Hatton siap kembali ke ring tinju. Petinju berjuluk The Hitman ini akan segera mendapatkan haknya untuk bertarung, setelah badan pengawasan tinju Inggris (BBBoC) membekukan izin bertanding petinju kelahiran Stockport, 6  Oktober 1978 atas dugaan penggunaan kokain pada 2010 lalu.

‘’Lisensi (bertanding) akan diberikan sambil menunggu penyelesaian tes medis,’’ ujar sekretaris jenderal BBBoC, Robert Smith kepada BBC, Kamis (13/9).

"Dia berbicara dengan baik, terlihat fit dan dia ingin mendapatkan kejayaannya lagi,’’ tambahnya.

Hatton sempat menujukkan dominasinya di ring tinju  pada kelas welter ringan saat menumbangkan juara IBF Kostya Tszyu tahun 2005. Tahun berikutnya  pria kelahiran Manchester ini meraih gelar  kelas welter versi WBA setelah mengalahkan petinju Puerto Rico, Rican Luiz Collazo.

Namun demikian tahun 2007 Hatton harus takluk atas juara dunia asal Amerika Floyd Mayweather . Tahun 2008, Hatton sempat kembali Berjaya dengan menumbangkan Juan Lazcano dan Paulie Malignaggi in 2008.

Namun demikian karirnya terhenti di tahun 2009 setelah takluk di ronde kedua oleh pukulan keras petinju Pilipina, Manny Pacquiao. Setelah kekalahan ini karir Hatton menurun dan terjerat kasus narkotika tahun 2010.

Meski demikian upaya Hatton untuk kembali ke ring tinju tidak mendapatkan sambutan hangat dari mantan promotornya Frank Warren. Dia tidak yakin upaya ini dapat mengembalikan kejayaan Hatton di masa lalu.

‘’Tidak ada yang harus mendorong dia untuk kembali dan saya hanya berharap itu tidak berakhir menjadi kekecewaan besar baginya." Ujar Warren.

Namun demikan mantan juara dunia Barry McGuigan tetap yakin Hatton bisa kembali menjadi juara dunia dalam comeback-nya ini.

''Masih ada kesempatan. Kita akan melihat 90 persen dari Ricky Hatton yang kami lihat beberapa tahun yang lalu dan itu akan cukup untuk mengalahkan seseorang seperti Malignaggi Paulie," kata McGuigan. (zul/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Barca Juga Kehilangan Iniesta

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler