Rionaldo Putra, Si Abang None yang Kini Jadi Pengusaha Sukses

Senin, 29 Mei 2023 – 20:50 WIB
Rionaldo Putra, Si Abang None yang Kini Jadi Pengusaha Sukses. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Gelar Abang None Jakarta Timur 2011 hingga masuk ke tingkat DKI Jakarta, menjadi modal penting dalam karier Rionaldo Putra.

Dia mengaku mendapat banyak ilmu saat menjalani karatina ajang tersebut, seperti pengembangan diri dan public speaking.

BACA JUGA: Rionaldo dan Dejarina, Abnon Jaktim 2011

Saat masih bersekolah di SMAN 61 Jakarta Timur, pria yang karib disapa Rio ini juga menjadi anggota Paskibraka 2006.

Dua modal ini makin memperlengkap upaya peningkatan potensi diri Rio dalam aplikasi bisnis yang digeluti, yakni Hanglekiu Group

BACA JUGA: Reza Darmawan, Eksekutif Startup yang Kini Jadi Miliarder Muda

Holding company yang didirikan pada 2019 ini berfokus pada commodity trading trading solar dan batubara juga pengadaan barang dan jasa.

Hanglekiu Group kini dijalani Rio bersama partnernya, Reza Darmawan. Saat ini, total anak perusahaan mencapai 10, yakni PT Rakta Prana Atharrian, PT Ghossan Pratama, PT Linan International Indonesia, PT Samudera Petro Nusantara, PT Hanglekiu Pangan Perkasa, PT Hanglekiu Plastik Abadi, PT Hanglekiu Nireta Teknik, PT Jaya Hanglekiu Group, dan PT Yaruda Heli Bisnis.

BACA JUGA: Menaker Ida Fauziyah Bangga Pemagangan Luar Negeri Lahirkan Pengusaha Muda yang Sukses

Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan peringkat Cumlaude ini mengaku tidak mudah bisa sesukses sekarang. Dia, bahkan sempat berjualan nasi goreng saat kuliah.

Sebelum membangun Hanglekiu Group, Rio sempat menjadi pegawai selama 8 tahun. Dia pelan-pelan belajar dilepas oleh bosnya hingga bisa membangun bisnis sendiri. "Saat itu saya harus keluar dari zona nyaman," papar penggemar moge dan mobil sport ini.

"Saya pernah baca bukunya Jack Ma, di saat kuliah kita belajar yang betul. Lalu di umur 20-30 tahun cari mentor. Lalu di usia 30-40 usaha sendiri, kemampuan sendiri. Usia 40-50 tahun cari orang baru lagi dan mulai regenerasi," bebernya.

Rio yang menjabat sebagai Ketua Komite di KADIN Jaksel dan aktif di HIPMI Jaya, dan Wabendum Gekraf Jaksel, serta Wabendum AMPI pusat ini punya kiat bagi para pebisnis yang ingin memulai bisnis.

"Selalu menerapkan attitude dan menjaga komitmen serta reputasi dalam bisnis," pesan Rio yang bercita-cita menjadi inspirasi bagi anak muda ini.

Musik dan Olahraga

Rio juga aktif dalam kegiatan seni dan konser musik di Indonesia. Pada Rabu (31/5), Hanglekiu Group menjadi Co Promotor dalam Hangout Playlist Music Festival yang menampilkan Rizky Febian, Mahen, dan Juicy Lucy.

"Konser musik memiliki potensi untuk memberikan dampak ekonomi yang signifikan dengan menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan pelaku industri musik, merangsang sektor pariwisata, dan mempromosikan identitas budaya Indonesia," tuturnya.

Bapak dua anak ini juga sukses menjadi Ketua Panitia HIPMI Jaya Gobar #8 yang diselenggarakan di Sedayu Indo Golf, PIK, pada Kamis (25/5).

Turnamen golf yang diikuti 88 orang pada Kamis (25/5) digelar untuk internal HIPMI Jaya dipimpin oleh Ketua Umum (Ketum) Sona Maesana, dan HIPMI Jakarta Barat (Jakbar) oleh Ketua Umumnya Rika Amelia, dan Ketua Banom Golf Jaya Reno Adityo.

"Seluruh pemain yang ikut tidak hanya dari Hipmi BPD Jaya tapi juga dihadiri oleh senior-senior HIPMI dari BPP dan lintas BPD provinsi lainnya," ujar Rionaldo. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler