Riza: JIS Layak untuk Final Liga Champion Bahkan Piala Dunia 

Jumat, 06 Mei 2022 – 21:30 WIB
Jakarta International Stadium atau JIS di Jakarta Utara. Foto: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan bahwa Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, layak menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola dunia.

Dia bahkan menegaskan bahwa JIS layak untuk final Liga Champion, bahkan final Piala Dunia. 

BACA JUGA: Anies Sebut JIS Mahakarya, PDIP: 80 Persen Karya Pemerintah Pusat

Riza menyebut beberapa indikator yang mendukung itu, di antaranya, kapasitas 82 ribu kursi hingga atap yang mampu buka tutup di Jakarta International Stadium. 

Riza bahkan menyebut kecanggihan teknologi di atap JIS itu tidak dimiliki lapangan sepak bola yang menjadi markas klub bola dunia, seperti Anfield,  kandang klub Liverpool, dan markas Old Trafford, markasnya Manchester United, dan stadion lainnya.

BACA JUGA: Anies Baswedan Sebut JIS Mahakarya, Politikus PDIP Ini Sewot

"Singkatnya Jakarta Internasional Stadium layak untuk final Liga Champion, bahkan final Piala Dunia," kata Riza Patria melalui akun @arizapatria di Instagram, Jakarta, Jumat (6/5).

Saat ini, Riza tengah berada di London Inggris, menjenguk putrinya yang tengah menempuh pendidikan tingkat lanjut di Universitas Newcastle. 

BACA JUGA: Anies Bantah Ada Surat Edaran Mengumpulkan ASN di JIS

Di sela-sela kunjungannya ke Inggris, Riza berkunjung ke beberapa stadion klub bola Eropa, di antaranya, Stadion Anfield, markas Liverpool, yang memiliki kapasitas 54,074 tempat duduk. 

Selain itu, Riza juga ke stadion Old Trafford, kandang Manchester United, yang sanggup menampung 76.000 kursi.

"Kami patut bangga, Jakarta sudah punya JIS dengan kapasitas 82.000 tempat duduk," ungkap politikus Partai Gerindra, itu. 

Di sisi lain, Riza mengatakan sepak bola telah menjadi industri di negeri Ratu Elizabeth itu.

Dia mengungkapkan kepercayaan pihak swasta untuk menjadi sponsor dan berinvestasi pada klub-klub sepak bola di Eropa merupakan hal yang perlu dipelajari, didalami dan diterapkan di Indonesia.

"Kami berharap, semoga saat ini Persija dan klub Indonesia lainnya sedang menjalani tahapan-tahapan menuju klub kelas dunia seperti Liverpool, MU, Real Madrid, Bayer Munchen, AC Milan, dan lainnya," ucapnya.

Mantan anggota DPR itu berharap pemain bola asal Indonesia mampu menembus klub dunia dengan bayaran yang tentunya fantastis. Dia mengatakan potensi itu cukup besar, mengingat anak-anak asal Indonesia mampu menembus kampus terbaik dunia di antaranya Oxford, Stanford, Harvard, MIT dan Cambridge.

Riza menyebutkan gaji pemain seperti Mohamed Salah mencapai Rp3,7 miliar per pekan dan Cristiano Ronaldo Rp 7,1 miliar per pekan.

Tentunya, kata dia, pendapatan klub-klub sepak bola di Inggris terbilang besar sehingga berani menggaji pemain dengan angka fantastis itu.

"Kalau anak-anak Indonesia mampu menembus kampus-kampus terbaik di dunia, mestinya anak-anak Indonesia juga mampu menembus dan bermain di klub-klub seperti Liverpool, Manchester United, Chelsea," kata Ahmad Riza Patria. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler