RK-Suswono Menemui Sutiyoso, Bahas Masalah Banjir hingga Kemacetan

Kamis, 12 September 2024 – 16:35 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso saat menerima kunjungan Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil di kediaman Sutiyoso, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/9/2024). ANTARA/Syaiful Hakim

jpnn.com - JAKARTA - Pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono, menemui mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso atau Bang Yos, Kamis (12/9).

Pertemuan di kediaman pribadi Bang Yos di Jalan Raya Kalimanggis, Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat, itu membahas berbagai persoalan, antara lain, banjir hingga kemacetan.

BACA JUGA: Batal Jadi Ketua Timses RK-Suswono, Sahroni Sebut Ada Perintah dari Surya Paloh

"Kami tadi berbincang cukup lama, hampir 90 menit, karena banyak sekali hal-hal pengalaman dari Pak Sutiyoso atau Bang Yos," kata Ridwan Kamil atau RK seusai pertemuan tersebut.

Pertemuan itu membahas bagaimana pengalaman Sutiyoso sewaktu menjabat sebagai gubernur Jakarta sejak 1997-2007.

BACA JUGA: Ridwan Kamil-Suswono Berjanji Lanjutkan Gagasan Anies Baswedan

"Ada hal-hal yang di zaman beliau masih relevan ya isu-isunya, terutama isu klasik seperti kemacetan dan banjir," ungkapnya.

Menurut dia, Bang Yos berpesan jika nanti RK-Suswono terpilih menjadi pemimpin Jakarta 2025-2029 agar selalu pandai berkomunikasi dengan rakyat.

BACA JUGA: Ridwan Kamil dan Sutiyoso Berbincang Empat Mata

"Sehingga, menyelesaikan permasalahan tidak dengan drama, tetapi dengan pendekatan kemanusiaan," kata mantan gubernur Jawa Barat, itu.

Dia mencontohkan permasalahan Kramat Tunggak yang diubah menjadi Islamic Center tanpa ada keributan.

Hal tersebut menunjukkan "skill" dalam bernegosiasi dengan masyarakat.

"Harus dimiliki gubernur-gubernur yang akan ada di pusat Indonesia ini," ungkap RK.

Selain itu, RK juga berencana menjadikan Bang Yos sebagai pembina dan pembimbing untuk memberikan nasihat, karena setiap zaman ada pemimpinnya serta tantangan yang berbeda.

"Saya sudah sampaikan jika takdirnya kami ada, Pak Sutiyoso berkenan selalu menjadi pembina," harapnya.

Bang Yos mengatakan bahwa sebagai senior wajib memberikan pengalamannya.

"Tadi saya sudah ketemu Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. Saya sebagai senior, yang kebetulan pernah menjabat 10 tahun lamanya sebagai gubernur Jakarta dari 1997-2007, tentu saja wajib menerima dan memberikan sedikit pengalaman mungkin berguna saat (mereka) terpilih nantinya," kata Bang Yos.

Dalam kesempatan itu, Bang Yos menyampaikan persoalan-persoalan klasik yang belum terselesaikan hingga saat ini, seperti banjir dan kemacetan.

"Kemampuan beliau (RK) yang mantan wali kota Bandung dan gubernur Jabar tentu saja memimpin birokrat bukan barang asing bagi Pak RK, tetapi, memang sebuah daerah itu selalu ada spesifikasi yang perlu diketahui dan itu saya informasikan kepada beliau (RK)," kata Bang Yos.

Dengan informasi yang ada itu, Bang Yos berharap pasangan tersebut bisa terpilih nanti, bisa mengatasi dengan baik dan melanjutkan program-program yang sudah dirintis oleh gubernur-gubernur terdahulu.
 
Saat menyambangi kediaman Sutiyoso, Ridwan Kamil diajak berkeliling ke Museum Bang Yos tentang rekam jejak Sutiyoso sebagai prajurit TNI, Pangdam Jaya 1996-1997, gubernur DKI Jakarta dua periode 1997-2002 dan 2002-2007 serta sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) 2015-2016. (antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler