Roberto Baggio, Siap Tangani Pemain Muda Italia

Tolak Gabung Direksi Inter, Sibuk Ikut Kursus Pelatih

Selasa, 20 Juli 2010 – 11:15 WIB
Roberto Baggio
SEJUMLAH pemain legendaris Italia berupaya direkrut FIGC (asosiasi sepak bola Italia)Demetrio Albertini telah bergabung sejak 2006, kemudian Paolo Maldini dapat tawaran

BACA JUGA: Robert Rene Alerts, Masa Depan Saya Bukan di Arema

Kini, Roberto Baggio siap menyusul.
   
Saat ini, Roberto Baggio sedang sibuk untuk menjalani kursus supaya mendapatkan lisensi UEFA B
Sebuah langkah awal bagi Baggio untuk balik ke pentas sepak bola

BACA JUGA: Atlet Berprestasi Berpeluang Jadi PNS

Pemain terbaik dunia 1993 itu mulai berminat menjadi pelatih.
   
La Gazzetta dello Sport melaporkan, melalui kursus itu Baggio dapat menjadi pelatih level ketiga
Untuk menjadi pelatih klub Serie A Liga Italia, dia butuh lisensi UEFA A dan bila klub elite yang bermain di level Eropa, dia butuh lisensi UEFA Pro.
   
Sejak pensiun pada 2004 lalu, Baggio sempat menghilang dari pentas sepak bola

BACA JUGA: Pemain Non-Bintang untuk Keseimbangan

Meski sempat bermain di beberapa laga amal, tapi pemain yang melegenda dengan julukan Il Divino Codino itu enggan terlibat dalam staf kepelatihan atau manajerial.
   
Baru awal tahun ini, Baggio mulai menyatakan tertarikPemain yang pernah membela Fiorentina, Juventus, AC Milan, dan Inter Milan itu mulai terlibat lagi di sepak bola dan ikut kursus kepelatihanSontak Baggio dapat perhatian besar.
   
Petinggi Inter langsung mengajak Baggio supaya bergabung ke klub berjuluk Nerazzurri ituAngelomaria Moratti, putra dari Presiden Inter Massimo Moratti sekaligus Wakil Presiden Inter, mengajak Baggio gabung ke jajaran direksi.
   
Namun, Baggio tidak menanggpinyaSepertinya, pemain yang gagal mengeksekusi penalti saat Italia tampil pada final Piala Dunia 1994 melawan Brazil itu lebih berminat kalau mendapatkan tawaran duduk di staf pelatih InterSayang, bukan tawaran itu yang datang.
   
Ternyata, pada 10 Juli lalu, ada tawaran menggiurkan lainnya datang kepada BaggioTawaran datang dari FIGCPresiden FIGC Giancarlo Abete menawarkan jabatan presiden sektor teknis FIGCTugasnya mengurus pembinaan pemain muda Italia.
   
Abete dan Baggio sudah bertemu untuk membicarakan jabatan yang akan diemban BaggioSebelumnya, Abete hanya memberikan penawaran secara informal melalui pembicaraan via teleponHasilnya, Baggio tertarik akan penawaran itu.
   
"Roberto telah memutuskan bahwa dirinya berada dalam kondisi siapJabatan yang ditawarkan itu juga akan membawa dia kembali kepada impian dia untuk balik ke pentas sepak bola dunia," beber Vittorio Petrone, agen Baggio, kepada Sky Italia.
   
Tugas yang diberikan kepada Baggio tidaklah ringanSebab, dia akan bertanggung jawab pada pembinaan pemain muda di ItaliaProblem utama yang dihadapi Italia dalam beberapa tahun terakhirMereka kesulitan dalam regenerasi pemain di timnas.
   
Keputusan membuat penyegaran dengan menggaet Baggio sebagai presiden sektor teknis baru tak lepas dari hasil buruk yang dicapai Italia di Piala Dunia 2010 laluFIGC iri kepada Jerman, Spanyol, serta Belanda, yang diperkuat sederet pemain muda.
   
Saat ini, jabatan itu masih dipegang Azeglio Vicini, dia merupakan pelatih Italia pada Piala Dunia 1990Vicini adalah pelatih yang memberikan kesempatan kepada Baggio untuk menjalani debut di pesta sepak bola empat tahunan itu.
   
"Sudah lama saya ingin mencari tantangan lagi di sepak bolaSaya telah mengikuti kursus pelatihNamun, tantangan di sepak bola bukan hanya menjadi pelatihMeski sangat menarik bila menjadi pelatih Italia," ungkap Baggio(ham)
       

Data Diri
Nama                :  Roberto Baggio
Lahir                  :   Caldogno, 18 Februari 1967
Kebangsaan    :   Italia
Tinggi                :   174 cm
Posisi                :   Second striker/winger
Caps/gol           :   56 laga (27 gol)

Karir Pemain
1982-1985     Vicenza         36     (13)
1985-1990     Fiorentina     94     (39)
1990-1995     Juventus     141     (78)
1995-1997     Milan              51     (12)
1997-1998     Bologna        30     (22)
1998-2000     Inter                41     (9)
2000-2004     Brescia          95     (45)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Insua Menuju Fiorentina


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler