Ronny Berty Talapessy Optimistis Jokowi - Ma'ruf Menang di Banten Hingga 60 Persen

Kamis, 11 April 2019 – 20:38 WIB
Ronny Berty Talapessy (kiri) ketika sosialisasi di daerah pemilihan Banten 2

jpnn.com, BANTEN - Calon anggota legislatif dari PDI Perjuangan daerah pemilihan Banten II (Serang-Cilegon) Ronny Berty Talapessy optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo - Ma'ruf Amin bakal memenangi Pilpres 2019.

Ronny sangat yakin lantaran elektabilitas Jokowi - Ma'ruf selalu unggul atas pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno di hampir semua lembaga survei.

BACA JUGA: Di Depan Emak-emak di Sukabumi, Sandiaga Janjikan Ini

Hasil survei panel pemilihan presiden 2019 oleh Saiful Mujani Research and Cunsulting (SMRC) pada 1-4 April 2019, misalnya, elektabilitas pasangan calon Jokowi - Ma'ruf mencapai 57,3 persen. Sedangkan pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno sebesar 32,5 persen dengan undecided voters sebanyak 10,2 persen.

Terbaru adalah hasil survei Index Politica yang menempatkan elektabilitas pasangan Jokowi - Ma'ruf mencapai 51,17 persen dan Prabowo-Sandiaga mencapai 38,39 persen dengan undecided voters 10,44 persen. Hasil survei Index Politica juga menyoroti elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden di tiap-tiap provinsi. Di Banten, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf mencapai 46,43 persen dan Prabowo-Sandi 44,17 dengan undecided voters sebanyak 9,39 persen.

BACA JUGA: Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Masinton Sebut Ada Sindikat Pemilu

(Baca Juga: Jokowi Yakin Menang di Kandang Prabowo)

Ronny pun menyambut positif hasil elektabilitas Jokowi - Ma’ruf di Banten ini. Apalagi, pada pemilihan presiden 2014, Banten merupakan lumbung suara Prabowo dengan perolehan suara 57,10 persen dan Jokowi hanya mampu meraup 42,90 persen.

BACA JUGA: Korsa Curiga Dubes Rusdi Kirana Terlibat

"Ini sesuai dengan target kami di PDI Perjuangan. Sebagai caleg PDI Perjuangan dan sesuai arahan pimpinan partai, kami ditugaskan untuk memenangkan Jokowi - Ma'ruf dengan angka 60 persen dan meraih suara 26 persen untuk pemilihan anggota legislatif di Banten," ujar caleg yang aktif mendampingi buruh, tani dan nelayan sekitar Serang dan Cilegon ini.

Ronny menuturkan, berdasarkan berbagai hasil lembaga survei yang kredibel selama ini, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf selalu mampu mengungguli pasangan Prabowo-Sandi. Lalu, di sisi lain semua lembaga survei termasuk Index Politica selalu menempatkan PDI Perjuangan sebagai partai dengan elektabilitas tertinggi.

Karena itu, Ronny optimistis dengan dukungan rakyat, PDI Perjuangan akan meraih kemenangan dua kali berturut-turut. Dan partai selalu mengingatkan agar semua kader dan caleg partai untuk melakukan evaluasi, perbaikan dan bekerja keras untuk mewujudkannya. "Tekad kami adalah mengawal kemenangan bagi Pak Jokowi – Kiai Ma’ruf Amin,” kata Ronny.

Survei panel dilakukan SMRC terhadap 1.240 responden melalui telepon. Jumlah ini merupakan responden yang berhasil diwawancarai dari 2.919 responden yang punya telepon. Dan responden merupakan bagian dari sampel di survei nasional SMRC pada Januari-Februari 2019 yang sebelumnya sudah diwawancara dengan tatap muka.

Sedangkan Index Politica melakukan survei untuk Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung dengan 700 responden dari 22 Maret sampai dengan 28 Maret 2019. Kemudian survei untuk DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dengan 1.200 responden dari 23 Maret sampai dengan 2 April 2019.

Sedangkan survei untuk Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Papua dengan 400 responden dari 22 Maret sampai dengan 1 April 2019.

Sampel berasal dari seluruh provinsi di Indonesia terdistribusi secara proporsional sesuai dengan jumlah pemilih. Jumlah sampel di Sumatra dengan 700 responden dengan margin of error 3 persen. Sedangkan di Pulau Jawa dengan 1.200 responden dengan margin of error 2,5 persen. Jumlah sampel di Kalimantan dan Indonesia bagian timur dengan 400 responden dengan margin of error 5 persen. Menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan adalah 95 persen. (*/adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 2 Permintaan yang Luar Biasa dari Ustaz Abdul Somad ke Prabowo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler