Rooney Dipromosikan sebagai Wakil Kapten

Senin, 15 Oktober 2012 – 07:07 WIB
WAYNE Rooney memang tidak akan lagi menjabat kapten Inggris ketika menghadapi Polandia. Itu mengingat Steven Gerrard sudah bisa ditampilkan lagi seusai menjalani skors kontra San Marino. Namun, kepemimpinan Rooney lawan San Marino memberi kesan tersendiri bagi pelatih Inggris Roy Hodgson.
 
Hodgson secara resmi mempromosikan Rooney sebagai wakil kapten. Striker yang memborong dua gol ke gawang San Marino itu menggantikan posisi Frank Lampard. Sebagai catatan, Rooney juga pernah menjadi kapten Inggris dalam uji coba kontra Brasil di Doha tiga tahun lalu.
 
Di era kepelatihan Hodgson, selain Gerrard dan Rooney, Lampard juga pernah menjabat kapten Three Lions. Yakni, ketika menang 2-1 atas Italia dalam uji coba di Swiss (15/8).

"Wayne Rooney sebenarnya telah menjadi wakil kapten di Euro 2012 sejak dia bisa bermain lagi. Dia sudah ada dalam bayangan saya sejak saya menangani timnas," kata Hodgson kepada The Sun.
 
"Frank Lampard menjadi kapten (lawan Italia) karena Steven Gerrard tengah cedera dan Wayne juga tidak berada dalam skuad," sambungnya.
 
Hodgson pun memberi sinyal untuk merealisasikan misi Rooney untuk menjadi kapten reguler Inggris di masa mendatang. Sebelumnya, striker yang akan genap 27 tahun pada 24 Oktober nanti itu mengatakan apabila menjabat kapten Inggris sangat berarti karena memberi motivasi ekstra. Apalagi Gerrard kini sudah 32 tahun, sedangkan Rooney lebih muda enam tahun.

"Dia (Rooney) kapten masa depan Inggris. Jabatan itu adalah sesuatu yang sangat dia banggakan dan sangat ingin dijalaninya. Dia juga sangat serius mengembannya. Itu hal positif bagi kami karena saya melihat yang terbaik dari Wayne Rooney," tutur pelatih yang belum terkalahkan dalam 10 laga (2x45 menit) bersama Inggris itu (kalah adu penalti 2-4 dari Italia di perempat final Euro 2012 diperhitungkan seri).
 
Jabatan kapten Inggris memang menjadi. Dalam dua tahun terakhir, ban kapten dikenakan tujuh pemain berbeda. Selain tiga nama di atas, juga John Terry, Rio Ferdinand, Gareth Barry, dan Scott Parker. "Itu (pergantian ban kapten) terlalu banyak dan tidak bagus bagi tim," ujar Hodgson. (dns)

Kapten Inggris Era Hodgson ;

Steven Gerrard : 8 laga
Wayne Rooney : 1 laga
Frank Lampard : 1 laga
BACA ARTIKEL LAINNYA... Hari Ini Persib Uji Coba Lawan Persibangga Purbalingga

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler