Rossi Tatap Gelar Laureus

Selasa, 16 Februari 2010 – 00:41 WIB
Foto : AP
ABU DHABI - Sudah begitu banyak gelar yang diraih oleh bintang utama MotoGP Valentino RossiSelain sembilan gelar juara dunia Grand Prix, termasuk tujuh dari kelas utama, Rossi masih berpeluang menambah koleksi penghargaannya

BACA JUGA: Bridge Siap Bela Three Lions

Pembalap Italia itu masuk dalam salahsatu kandidat penerima penghargaan Laureus World Sports yang dianggap sebagai penghargaan untuk para jawara.
     
Laureus merupakan penghargaan tertinggi olahraga dunia
Ajang prestius itu mulai diadakan satu dekade lalu yang diprakarsai pabrik mobil terbesar Jerman, Daimler, dan perusahaan arloji terkenal Swiss, Richemont

BACA JUGA: Cedera, Lorenzo Absen di Sepang


     
Dalam sejarahnya, belum sekalipun seorang pembalap motor meraih gelar perorangan Laureus  alias Sportman
Sebelumnya, Michael Shumacher menjadi wakil dari motorsport yang mampu meraih gelar prestisius tersebut

BACA JUGA: United Minus Giggs Sebulan

Schumi meraih gelar itu dua kali, yaitu pada 2002 dan 2004
     
Nah, tahun ini, dunia balap motor boleh berharap pada RossiPembalap 30 tahun itu berhasil masuk deretan nominasi sportsmanRossi bakal bersaing dengan juara bertahan sekaligus sprinter Usain Bolt, petenis nomor satu dunia Roger Federer, bintang sepak bola Argentina dan Barcelona Lionel Messi, pelari jarak menengah Kenenisa Bekele, dan pemenang balap sepeda Tour de France Alberto Contandor.
     
Menilik para pesaingnya, tidak mudah bagi Messi untuk menjadi yang terbaikSelain Bolt yang menunjukkan hasil konsisten sepanjang tahun lalu, Federer termasuk langganan pemenangPetenis Swiss itu menjadi yang terbaik empat kali beruntun pada 2004 hingga 2008.
   
Peluang Federer disebut juga amat terbukaHal ini jelas tidak terlepas dari performa impresif yang ditampilkannya sepanjang 2009 dan kembali mengantarkan ayah dua putri kembar itu sebagai petenis nomor satu duniaKesuksesan Federer mengangkat trofi di Australia Terbuka, Januari lalu, menghadiahkan gelar juara Grand Slam ke-16 untuknyaFederer melampaui prestasi Pete Sampras sebagai peraih gelar grand slam terbanyak.
     
Pemenang Laureus World Sports Awards bakal diumumkan dalam seremoni di Emirates Palace, Abu Dhabi, 10 Maret nantiAda lima kategori utama yang dipilihSelain sportsman dan sportwoman ada pula tim terbaik, gebrakan terbaik, dan comeback terbaik.
     
Di setiap kategori dipilih enam nominee oleh sebuah tim panel dari 80 negara atas aksi mereka selama 1 Januari sampai 31 Desember 2009Sedangkan pemenangnya dipilih oleh 46 juri dari berbagai negaraPemenang bakal dianugerahi patung Laureus yang diproduksi secara eksklusif oleh perusahaan terkenal asal Swiss, CartierPatung bertinggi 30 cm dan berat 2,5 kg itu terbuat dari 670 gram perak dengan 650 gram emas. (ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berjuang Beradaptasi di Hamburg SV


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler