Rumah Milik Penjaga Kuburan Hangus Terbakar

Senin, 31 Oktober 2022 – 10:23 WIB
Kondisi rumah penjaga kuburan yakni Nunung Heri di Kampung Cibogo, Desa Bojonggaling Kecamatan Bantargadung, Kota Sukabumi Jawa Barat yang hangus terbakar akibat dilalap si jago merah pada Minggu (30/10/2022) malam. ANTARA/Aditya Rohman

jpnn.com - SUKABUMI - Kebakaran melanda sebuah rumah di Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (30/10) malam. Pemilik rumah ialah Nunung Heri (65) penjaga kuburan atau tempat pemakaman umum (TPU) yang berada di Kampung Cibogo, Kabupaten Sukabumi. 

Rumah milik penjaga kuburan itu rata dengan tanah akibat peristiwa kebakaran tersebut.  

BACA JUGA: Kebakaran Rumah di Bekasi, Warga Wajib Tahu Penyebabnya

Pemiliki dan keluarganya harus mengungsi akibat peristiwa itu.

"Tidak ada korban jiwa pada kejadian kebakaran yang terjadi di Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi pada Minggu malam tersebut. Namun pemilik dan keluarganya harus mengungsi karena rumahnya sudah rata dengan tanah," kata Petugas Penanggulangan Bencana (P2BK) Bantargadung Sihabudin di Sukabumi, Senin (31/10).

BACA JUGA: Kebakaran Gudang di Bekasi, Kerugian Capai Puluhan Miliar Rupiah

Menurut dia, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan kepolisian, kebakaran tersebut diduga dipicu oleh korsleting listrik, yang percikan apinya membakar bagian rumah penjaga kuburan ini yang mudah terbakar dan api pun dengan cepat menjalar ke seluruh bangunan.

Informasi yang dihimpun dari P2BK Bantargadung, kebakaran berawal saat warga melihat kepulan asap hitam keluar dari salah satu ruangan rumah milik Nunung Heri dan tidak lama api pun makin membesar.

BACA JUGA: Kebakaran Kapal Cantika 77, 3 Orang Ditemukan Meninggal Dunia

Tanpa dikomandoi, warga pun langsung mengevakuasi pemilik rumah dan mencoba memadamkan api dengan alat seadanya.

Tidak lama, truk pemadam kebakaran (damkar) tiba di lokasi dan langsung menyemprotkan air untuk memadamkan api yang makin membesar dan mencegah api merembet ke permukiman warga.

Sekitar satu jam akhirnya tim damkar berhasil memadamkan api yang membakar rumah penjaga kuburan itu dan dipastikan tidak ada bara api yang masih menyala.

Menurut Sihabudin, akibat kejadian ini korban terpaksa harus mengungsi ke rumah kerabatnya.

Kerugian yang dialami ditaksir mencapai Rp 20 juta.

Tidak ada barang berharga milik korban yang berhasil diselamatkan.

Atas kejadian ini, pihaknya berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Pemdes Bojonggaling, dan instansi terkait lainnya untuk segera menyalurkan bantuan darurat baik berupa pakaian maupun makanan. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler