Rute Busway Dialihkan

Hindari Lokasi Rawan Demonstrans

Rabu, 14 Maret 2012 – 04:04 WIB

MARAKNYA aksi unjuk rasa di Jakarta memang sudah meresahkan. Bahkan, Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta, sampai harus mengalihkan rute bus Transjakarta di lokasi aksi unjuk rasa. Rencananya, seluruh armada bus Transjakarta akan menghindari lokasi-lokasi rawan demonstrasi, salah satunya di 11 koridor.

"Langkah antisipasinya adalah bus Transjakarta akan menghindari lokasi-lokasi rawan demonstrasi. Kalau kami mendapatkan informasi ada aksi unjuk rasa di jalur yang dilewati, akan dilakukan pengalihan rute," kata Muhammad Akbar, Kepala BLU Transjakarta, Selasa (13/3).

Akbar mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya yang mengetahui lokasi demonstrasi di Kota Jakarta setiap harinya. Kebijakan ini diambil untuk menjaga keamanan penumpang dan pramudi yang saat itu ada di dalam bus.

"Ini juga untuk menjaga armada bus Transjakarta yang merupakan fasilitas umum dari kerusakan yang diakibatkan oknum tidak bertanggung jawab," ujarnya.

Pihaknya, juga menyerahkan persoalan pembajakan busway awal pekan lalu kepada Polda Metro Jaya untuk melakukan penyelidikan. Akbar mendukung jika aparat kepolisian memberikan sanksi pidana kepada para pembajak tersebut.

Pasalnya, lanjut Akbar, aksi pembajakan yang dilakukan sekelompok pemuda yang mengaku mahasiswa terhadap tiga bus feeder Transjakarta rute II (Balaikota-Tanah Abang), Senin (12/3) lalu telah mengakibatkan kerusakan bus. Palu pemecah kaca dan tabung pemadam api yang ada di masing-masing bus hilang.

"Memang kerusakannya tidaklah besar, namun yang hilang justru alat-alat penyelamatan penumpang. Saya sendiri sangat menyayangkan mereka merusak fasilitas umum yang memiliki manfaat besar bagi masyarakat Jakarta," tuturnya.

Seperti diketahui, aksi pembajakan terjadi selepas unjuk rasa mahasiswa di depan Istana Negara, Senin (12/3) sekitar pukul 19.45. Saat itu, sekelompok pemuda yang mengaku sebagai mahasiswa membajak dan menyandera tiga bus feeder Transjakarta rute II (Balaikota-Tanah Abang) yang tengah beroperasi di Jl. Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Ketiga bus feeder yang disandera yakni, bus bernomor bodi F09 bernopol B 7106 PW, F08 B 7626 QS, F07 B 7036 FW. (wok/rul/dni)
BACA ARTIKEL LAINNYA... 98 RW di Jakbar Tergolong Kumuh


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler