Rutin Konsumsi Kombinasi Madu dengan 5 Herbal Super Ini, Berbagai Masalah Kesehatan Langsung Ambyar

Jumat, 10 Desember 2021 – 07:15 WIB
Jahe. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - MADU telah lama terkenal sebagai salah satu herbal yang mengandung manfaat sehat luar biasa.

Madu mengandung berbagai nilai gizi seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor dan lainnya.

BACA JUGA: 5 Manfaat Tak Terduga Minum Air Madu Setiap Pagi

Anda bisa mengonsumsi madu begitu saja, bersama dengan air hangat atau dikombinasikan dengan beberapa herbal super ini.

Apa saja herbal super itu? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

BACA JUGA: 3 Khasiat Minyak Kelapa Campur Madu, Wanita Pasti Suka

1. Madu dan Lemon

Ini adalah salah satu solusi alami terbaik yang memainkan peran kunci dalam menangani berbagai masalah kesehatan dan masalah kulit. Inilah cara Anda bisa menggunakannya.

BACA JUGA: Ingin Kulit Wajah Terlihat Lebih Cerah, Gunakan 4 Krim Herbal Ini

-Pencernaan: Jika Anda menderita gangguan pencernaan, minum jus lemon dengan madu untuk mendapatkan bantuan.

Lemon mengandung antioksidan yang mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh dan madu membantu pertumbuhan bakteri baik di usus yang membantu proses pencernaan.

Cara menggunakannya: Untuk sesendok jus lemon segar, tambahkan empat hingga lima tetes madu dan minum larutan ini. Lakukan ini setiap pagi untuk hasil yang lebih baik.

-Jerawat: Salah satu penyebab utama jerawat adalah kelebihan sekresi minyak dan efek berbahaya dari racun yang dihasilkan oleh bakteri.

Lemon dikemas dengan antioksidan yang membersihkan racun dari tubuh dan madu memberikan efek menenangkan pada kulit.

2. Madu dan cuka sari apel

Cuka sari apel bila digabungkan dengan madu bisa membantu meringankan berbagai masalah kesehatan.

Inilah cara Anda bisa mencoba kombo ini sebagai bantuan alami untuk mengatasi berbagai masalah.

-Pembengkakan pada kulit: Tindakan anti-inflamasi cuka sari apel membantu menyembuhkan kulit yang teriritasi dan melembutkan kulit. Sedangkan madu memberikan efek menenangkan pada daerah yang terkena.

Cara menggunakannya: Oleskan setetes madu pada area yang terkena dan oleskan bola kapas yang dicelupkan ke dalam cuka murni di atas kulit.

Cuci kulit setelah lima menit. Lakukan ini setiap dua hingga tiga jam selama beberapa hari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

-Asam Urat: Asam urat terutama disebabkan karena peningkatan kadar asam urat dalam tubuh, maka penggunaan cuka sari apel dan madu membantu meredakan gejalanya.

Dikemas dengan antioksidan dan flavonoid, penggunaan herbal madu dan cuka sari apel meningkatkan ekskresi asam urat dari tubuh.

Cara menggunakannya: Tambahkan satu sendok teh cuka dan madu ke dalam segelas air hangat dan minum larutan ini setiap hari untuk meredakannya. Ini bertindak sebagai bantuan alami untuk mengobati asam urat.

3. Madu dan Kayu Manis

Ini adalah kombinasi sempurna yang mengandung sifat antibakteri selain memberikan efek menenangkan pada tubuh. Berikut cara menuai manfaatnya untuk berbagai masalah kesehatan.

-Jerawat: Sifat antibakteri madu bila dikombinasikan dengan senyawa anti-oksidan kayu manis memainkan peran kunci dalam memerangi jerawat. Selain itu, madu juga melembabkan kulit Anda.

Cara menggunakannya: Buat pasta halus dari bubuk kayu manis dengan menambahkan sedikit madu.

Oleskan pasta ini pada setiap jerawat di malam hari dan biarkan semalaman. Cuci muka Anda keesokan paginya dengan air hangat. Lakukan ini selama beberapa hari sampai Anda melihat hasilnya.

-Jantung yang Sehat: Kayu manis mengandung serat dan kalsium, yang membantu mengangkut garam empedu ke luar tubuh dengan memecah kolesterol.

Ini menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga melindungi jantung dari berbagai komplikasi. Madu juga kaya akan antioksidan yang mencegah penyakit jantung.

4. Madu dan Cengkeh

Cengkih mengandung sifat antibakteri dan banyak nutrisi sehat yang bila dikombinasikan dengan madu bisa membantu dalam meredakan berbagai masalah kesehatan.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menggunakan madu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

-Sakit Tenggorokan: Sifatnya lengket, madu melapisi tenggorokan dan memicu saraf yang mengurangi kepekaan terhadap impuls batuk.

Kehadiran senyawa antibakteri dalam cengkeh mengurangi rasa sakit dan infeksi yang berhubungan dengan sakit tenggorokan.

Cara menggunakannya: Tambahkan dua-tiga siung cengkeh ke dalam satu sendok makan madu dan diamkan selama empat hingga lima jam.

Buang cengkehnya dan teguk madunya. Lakukan ini secara teratur untuk mendapatkan bantuan cepat dari sakit tenggorokan.

5. Madu dan Jahe

Madu dan jahe bertindak sebagai obat alami yang ampuh untuk memerangi berbagai masalah kesehatan, termasuk kecantikan dan penyakit.

Inilah cara Anda bisa menggunakan kombinasi ini untuk kondisi yang berbeda

-Pencernaan: Jahe menghambat produksi gas usus (efek karminatif) dan membantu memecah protein yang ada dalam makanan.

Madu terkenal karena kemampuannya untuk mendorong pertumbuhan bakteri usus sehingga membantu pencernaan.

Cara Pemakaian: Kunyah 2-3 potong jahe ukuran kecil yang dilumuri madu, di pagi hari untuk menghilangkan gangguan pencernaan dan berbagai komplikasi perut.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler