Ruvita Tinggalkan Sorong

Sabtu, 28 Januari 2012 – 23:32 WIB

SORONG - Setelah sempat kabur dari rumah dan bersembunyi di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua selama dua pekan, Ruvita Sari Siahaan akhirnya pulang ke Jakarta, Kamis (27/1). Dengan ditemani ibu angkatnya, Astuti, dari Bandara Domine Eduard Osok (DEO),  bintang iklan dan sinetron itu  meninggalkan Sorong dengan menumpang pesawat Sriwijaya Air sekitar pukul 11.30 WIT.
 
Selain ibu angkatnya, Astuti, Ruvita yang akrab disapa Vita juga didampingi Tim Polda Metro Jaya dipimpin AKBP Heriyawan. Susana haru dan isak tangis serta canda tawa terlihat saat melepas artis cilik tersebut bersama keluarganya di Sorong. Gadis kecil yang merupakan bintang iklan itu selalu memperlihatkan senyumnya, berkali-kali ia harus memeluk saudara-saudaran angkatnya  yang akan ditinggalkan.
 
Ia pun  menyapa satu persatu sambil berpamitan dan menunjukkan senyumnya. Ruvita dibawa tim Polda Metro Jaya untuk dipulangkan kekeluarga yang di Jakarta. Selama kabur dari rumah, Ruvita tinggal di rumah Astuti  di Perumahan Pemkab di Km 24. Menurut pengakuan Ruvira,  Ia merasa senang tinggal di Sorong, lantaran Ia merasa mendapatkan keluarga yang sangat menyayanginya dan bahkan Ia dapat sekolah.
 
Menurut penuturan gadis cantik itu, Ia kabur dari rumah lantaran kesal dengan sikap ibunya yang sering  memukulnya.   Bahkan, Vita panggilan akrbanya, tidak disekolahkan lantaran kondisi ekonomi, padahal, kata Ruvita ia sudah sering meminta agar disekolahkan agar bisa mendapat pendidikan yang layak seperti teman-teman sebayanya.

“Tapi selalu janji-janji saja, dan kalau saya tanya kapan disekolahkan mama selalu alasannya nanti terus,”tuitur  Ruvita seraya menambahkan kalau dirinya sebenarnya  tidak berniat untuk meninggalkan keluarganya. Ia hanya kabur dan ingin bersekolah serta dapat menemukan keluarga yang menyayanginya.

“Cuma maen doing kok, dan nantinya saya pasti pulang juga kok”katanya polos. Diakuinya, selama di Kabupaten Sorong, Ia  merasa bahagia, bisa bermain dan bersekolah. Ia pun mengharapkan agar dapat kembali lagi ke Kabupaten Sorong untuk melanjutkan sekolahnya.

Diceratakan Ruvita, saat kabur dari rumah pada tanggal 9 Januari lalu, Ia baru saja bermain di Warnet dekat rumahnya. Setelah itu ia dibantu dua orang yang menurutnya sebagai keluarga angkatnya. Selanjutnya  Ia mencari Taksi dan menuju Pelabuhan Tanjung Priok dengan mendapat tiket kapal Pelni. Selanjutnya gadis itu pun
 
Ia menuju ke Kota sorong selama empat hari. Sesampainya dikota sorong, ia dijemput oleh bapak angkatnya yakni suami Astuti. Kemudian ia dibawa kerumahnya yang beralamatkan di perumahan pemda Kabupaten Sorong.

“Awalnya datang ya orang-orang lihat kaya curiga gitu tapi lama-lama biasa aja, disini saya senang bisa sekolah juga,”tandasnya. Menurutnya, ibu angkat  Ruvita sendiri sempat memberitahukan jika Ia dikabarkan hilang melalui siaran Televisi. Dan bahkan ibu angkatnya sempat berniat memulangkan Ruvita atau menyampaikan keberadaan Ruvita ke pihak kepolisian.

“Tapi saya bilang, jangan, kalau dilaporkan atau dipulangkan saya mending kabur lagi”ungkap Ruvita. Selian merasa mendapat kasih sayang dari keluarga dan disekolahkan Ruvita juga mengaku senang dengan kondisi alam di Papua yang sangat naturalis dan nyaman. Namun lantaran keberadaanya telah terlacak, Ia pun mengaku siap untuk pulang kembali kerumah. Ia hanya mengharapkan agar orangtua kandungnya dapat lebih menyayanginya dan menyekolahkanya.

Kasat Reskrim Polres Sorong Kota AKP Asep Bangbang kepada Radar Sorong (JPNN Group) mengatakan, setelah dijemput selanjutnya Vita akan dipulangkan ke Jakarta untuk berkumpul lagi dengan orangtuanya. Dijelaskanya, alasanya gadis kecil itu kabur sangatlah lugas, dan ia memaklumi alasan bocah yang terkenal lewat iklan yang dibintanginya.

Sementara itu untuk menindaklanjuti terkait dengan kaburnya Ruvita,  Kasat Reskrim AKP  Asep Bangbang  mengatakan akan ditindaklanjuti oleh Polda Metro Jaya lantaran kasus tersebut sempat dlaporkan ke wilayah hukum Polda metro Jaya. Dijelaskanya, ada tiga orang yang akan dimintai keterangan terkait dengan terlibatnya membantu Ruvita kabur. Yakni ibu angkat Ruvita, serta bapak angkat Aditya dan Mulyati.  “Dimintai  keterangan oleh tim dari Polda Metro Jaya, kita disini pada dasarnya hanya membantu dalam menemukannya, “ujar Kasat Reskrim. .(reg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Calon dari Pontianak Siap Pimpin Ikami Sulsel


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler