Rya Baraba Menyulap Batik Kontemporer dengan Eco Printing

Senin, 13 November 2023 – 16:17 WIB
Koleksi Rya Baraba. Foto: source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Rya Baraba memamerkan koleksti wastra batik dengan sentuhan modern kontemporer dalam karya terbarunya bertajuk Kirana.

Koleksi tersebut ditampilkan di panggung Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2023 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: IN2MF 2023 Mengedepankan Wastra dan Sustainable Fashion

Kirana menjadi inspirasi Rya dalam menuangkan wastra Indonesia khususnya batik sutra kontemporer yang dikombinasikan dengan eco printing.

Rya Baraba berkolaborasi dengan perajin asal Bogor yang mempresentasikan keindahan dan kecantikan perempuan Indonesia dengan perspektif motif dinamis dari dedaunan alam.

BACA JUGA: IN2MF 2023 Memperkuat Eksistensi Indonesia Pusat Modest Fashion Dunia

Bukan tanpa sebab Rya memilih motif dari alam tersebut.

Bagi Rya, dedaunan merupakan bentuk komunikasi fashion agar masyarakat kembali mencintai kearifan lokal.

BACA JUGA: Jenna&Kaia Tampilkan Sukses Tampilkan 16 Koleksi di Jakarta Fashion Week 2024

“Saya ingin mengajak para fashionista muslim Indonesia untuk ikut menjaga kelestarian wastra Indonesia melalui item fashion yang kontemporer sehingga dapat diterima masyarakat,” kata Rya.

Dalam rangkaian koleksi yang ditampilkan di panggung IN2MF 2023, Rya menyuguhkan gaun-gaun indah nan megah dengan apik.

Ragam dress mewah dengan taburan kilau hiasan dipamerkannya yang mencitrakan kesan glamor tersendiri.

Paduan warna-warna teduh seperti dedaunan dan warna kayu yang bernuansa alami menjadi pilihan Rya untuk meng-highlight sisi natural wastra Indonesia.

Rya juga memberikan kombinasi garis potongan busana yang klasik dan modern sehingga menjadi daya pikat tersendiri.

Rya mampu memadukan suguhan lengan bergaya aristokrat yang tegas dalam cuttingan modern sehingga tampak ringan dan memikat pemakainya. Sisi ini pun tidak saja mencitrakan elegansi wanita, tetapi juga sisi glamor dan juga keanggunan saat mengenakan karyanya.

Koleksi ini memang tak banyak ornamentasi. Tanpa perlu dibubuhi berbagai detail yang 'njelimet', karya Rya sanggup menyuarakan citra batik yang berkelas dan juga memberikan keindahan tersendiri melalui cutting modern.

Potongan V-neck pada blazer serta nuansa peplum pada dress panjangnya menjadi daya pikat tersendiri. Penggunaan lengan balon dan dress A-line turut menambah sisi anggun pemakainya.

Dari tahun ke tahun, Rya Baraba terbukti konsisten menyuguhkan karya terbaiknya dan senantiasa turut serta memajukan industri fashion di Indonesia. (*/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler