Sabang dan Langsa Dua Putaran

Rabu, 11 April 2012 – 08:31 WIB

SABANG – Hasil perhitungan cepat (Quick Count) suara sementara Pemilihan Kepala Daerah di Kota Sabang dan Langsa, diperkirakan akan terjadi pemilihan dua putaran. Karena, tidak satupun pasangan calon memenuhi kuota yang telah ditetapkan 30 persen dari jumlah pemilih.

Dari hasil perhitungan sementara pasangan nomor dua Hirwan Jack-Salahuddin unggul dalam perolehan suara mencapai 4.751 suara atau 28,65 persen. Sementara pasangan nomor lima Zulkifli Adam- Nazaruddin meraih suara terbanyak kedua dengan 4.336 suara atau 26,15 persen, diikuti pasangan nomor urut empat Husaini-Islamuddin ST 3.842 suara atau 23,56 persen.

Perbedaan mendasar itu dilihat dari jumlah pemilih di Sabang berdasarkan DPT tahun 2012 mencapai 23.828 pemilih, dan untuk sisa suara yang rusak mencapai 31 persen, itu sudah termasuk suara tidak sah, golput dan ada diantaranya warga yang pindah atau meninggal masih dimasukan dalam DPT.

Artinya,  pada perolehan suara sementara tersebut, Pilkada di Sabang akan berlangsung dua putaran karena belum ada satupun pasangan calon yang bertarung di Pilkada 2012 ini mengumpulkan suara hingga 30 persen.

Sementara itu untuk pemilihan Walikota Langsa kemungkinan juga akan menjalani dua putaran. Data dihimpun di beberapa posko pasangan calon Walikota Langsa menyebutkan, bahwa peringkat suara terbanyak pertama masih diduduki oleh pasangan Zulkifli Zainon-Saifullah nomor urut tiga dengan persentase 27, 58 %.

Sementara untuk posisi kedua diduduki oleh pasangan calon Usman Abdullah (Toke Seu-um) – Marzuki Hamid, nomor urut 13 dengan perolehan suara 22,59 %. Kedua pasangan calon tersebut memang sejak awal sudah diprediksikan akan bersaing kuat untuk meraih kursi Walikota Langsa periode 2012-2017.

Beberapa pengamat politik Kota Langsa jauh sebelumnya saat tahapan pemilukada dimulai sudah memprediksikan bahwa, Pemilukada Langsa akan berlangsung dua putaran. Menurut para pengamat politik, terjadinya dua putaran Pemilukada Langsa dikarenakan, saat ini hanya dua kekuatan yang bermain di Kota Langsa, yaitu kekuatan Incumbet (mantan Walikota Langsa), karena masih memiliki basis dan massa solid dan kekuatan partai local Partai Aceh (PA), juga memiliki massa idiologi dari kalangan keluarga dan korban konflik serta massa solid dari pengurus partai dan KPA.

Karenanya, merujuk pada hasil perolehan suara sementara yang dihimpun Rakyat Aceh (Grup JPNN) maka Pemilukada Kota Langsa dipastikan akan melaju pada putaran kedua antara pasangan calon Zulkifli Zainon – Saifullah dengan pasangan calon Usman Abdullah (Toke Seu-um) – Marzuki Hamid. Karena keduanya sama-sama tidak mencapai persentase suara 30 persen. (han/dai)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Empat Bulan Lagi Ical Deklarasi Capres


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler