Sadio Mane Gemilang, Liverpool ke Final Piala FA, Man City Pulang

Sabtu, 16 April 2022 – 23:47 WIB
Para pemain Liverpool sebelum pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions kontra Benfica di Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu (13/4/2022). (Action Images via Reuters/JASON CAIRNDUFF)

jpnn.com, LONDON - Liverpool lolos ke partai final Piala FA 2021/22 seusai menaklukan Manchester City di laga semifinal.

Dalam laga yang bergulir di Wembley Stadium, Sabtu (16/4) malam WIB, tim berjuluk The Reds itu menang dengan skor tipis 3-2 atas The Citizens.

BACA JUGA: 2 Pemain Cedera, Manchester City Pincang Lawan Liverpool

Tiga gol kemenangan anak asuhan Jurgen Klopp dicetak pada babak pertama melalui Ibrahima Konate (9') dan brace Sadio Mane (17') (45').

Adapun dua gol balasan tim Man City pada laga ini dicetak Jack Grealish di menit ke-(47') dan Bernardo Silva (90').

BACA JUGA: Piala FA: Prediksi dan Link Live Streaming Man City vs Liverpool

Dengan kemenangan ini, Liverpool tinggal menunggu pemenang laga Chelsea melawan Crystal Palace untuk tampil di final kompetisi paling tertua di dunia itu.

Jalannya pertandingan

BACA JUGA: Komentar Mengejutkan Jurgen Klopp Ketika Liverpool Bersua Villarreal

Pada laga ini, Liverpool dominan sejak menit pertama atas Manchester City. Terlihat Virgil van Dijk dan kawan-kawan langsung menekan ke jantung pertahanan Man City yang dihuni John Stones, dan Nathan Ake.

Strategi itu berbuah hasil seusai pada menit ke-9' umpan sepak pojok Andrew Robertson bisa disundul Ibrahima Konate menjadi gol.

Unggul 1-0 membuat anak asuhan Pep Guardiola mencoba keluar dari tekanan The Reds.

Sayang saat mencoba membangun momentum, kiper Manchester City Zack Steffen melakukan blunder yang membuat Sadio Mane mampu mencuri bola dan mencetak gol pada menit ke-(17').

Tertinggal 0-2 tidak membuat Manchester City menyerang beberapa kali serangan dibangun oleh Phil Foden, Gabriel Jesus, Raheem Sterling, hingga Jack Grealish untuk memperkecil kedudukan.

Sayang saat terlalu asyik menyerang, pertahanan tim asal kota Manchester itu lengah sehingga Sadio Mane mencatatkan namanya untuk kedua kalinya di papan skor menjelang babak pertama usai.

Dua gol Sadio Mane di laga ini membuat stiker Timnas Senegal itu menjadi pemain pertama yang mencetak dua gol di semifinal Piala FA setelah Robbie Fowler pada 1996 saat melawan Aston Villa.

Skor 3-0 menghiasi papan skor untuk keunggulan Liverpool atas Manchester City bertahan hingga wasit Michael Oliver meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Selepas jeda, juara bertahan Premier League itu memperkecil kedudukan melalui Jack Grealish. 

Mantan penggawa Aston Villa itu membobol gawang Liverpool seusai memanfaatkan kerja sama apiknya dengan Gabriel Jesus.

Jual beli serangan tersaji untuk kedua klub meski belum ada satu pun gol tercipta lagi di awal babak kedua.

Menjelang berakhirnya laga, tim berjersei biru langit itu sempat menyalakan asa seusai mampu menambah gol lagi melalui Bernardo Silva.

Gelandang serang Timnas Portugal itu mencetak gol manis seusai memanfaatkan umpan Riyad Mahrez.

Ternyata gol Bernardo menjadi penutup laga ini sehingga Liverpool menang dengan skor 3-2 atas Manchester City. (skysports/mcr16/jpnn)

Susunan Pemain Manchester City vs Liverpool:

Manchester City (4-3-3): Zack Stefen; Joao Cancelo, John Stones, Nathan Ake, Oleksandr Zinchenko; Bernardo Silva, Fernandinho, Phil Foden; Gabriel Jesus/Riyad Mahrez (83), Raheem Sterling, Jack Grealish

Pelatih: Pep Guardiola

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Naby Keita/Jordan Henderson (73), Fabinho, Thiago Alcântara/Curtis Jones (87); Mohamed Salah, Sadio Mane/Diogo Jota (85), Luis Diaz/Roberto Firmino (85)

Pelatih: Jurgen Klopp

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prediksi Juara Liga Champions Versi Fabio Capello, Bukan Tim dari Inggris


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler