Sajikan Menu Nikmat, 6 Benda Dapur ini Wajib Anda Miliki

Kamis, 26 Oktober 2017 – 22:17 WIB
Ilustrasi. Dapur. Foto Property

jpnn.com, JAKARTA - Menyiapkan sendiri makanan untuk anggota keluarga di rumah, tak hanya bagus secara ekonomi karena bisa menghemat banyak pengeluaran.

Untuk mendukung program makan bersama setiap hari ini, Anda perlu menyiapkan makanan lezat yang bisa menggugah selera mereka. Karena itu, Anda membutuhkan sejumlah benda yang bisa dijadikan senjata ampuh dalam menyiapkan makanan lezat di rumah. Apa saja?

BACA JUGA: Program Kampanye Ramadan Sukses Genjot Transaksi Lazada

Ini dia enam senjata di dapur yang wajib Anda miliki:

1. Kitchen Set Minimalis.

BACA JUGA: Promo Sadis di Awal Tahun

Supaya Anda bisa menciptakan kichen set yang sesuai dengan harapan Anda, gunakanlah jasa design kitchen set seperti Dekoruma. Dengan memanfaatkan jasa seperti ini, Anda akan diberikan juga ruang yang lebih untuk berkreasi dengan masakan Anda.

Mengapa hal ini penting? Anda tentu ingin punya mood yang bagus dalam menyiapkan sajian lezat dan bergizi untuk keluarga. Apalagi jika memasak merupakan rutinitas Anda, pastikan kitchen set nyaman digunakan.

2. Rice cooker atau slow cooker.

Barangkali, selama ini Anda hanya menganggap fungsi rice cooker adalah memasak nasi. Tidak salah memang, tapi sebenarnya rice cooker bisa juga difungsikan sebagai slow cooker. Keberadaan slow cooker ini sangat penting karena ada jenis masakan yang Anda tidak bisa hanya mengandalkan kompor dan panci saja.

Sejumlah makanan dimasak dengan waktu dan suhu yang sudah ditentukan, dan inilah fungsi utama dari slow cooker. Jika tak memilikinya, barulah Anda bisa menggantikannya dengan rice cooker.

Namun, untuk bahan berupa sayuran, sebaiknya Anda menghindari memasaknya menggunakan rice cooker karena ketidakmampuan alat ini dalam mengontrol panas, yang nantinya bisa membuat sayur terlalu capat matang dibanding bahan lainnya.

Supaya Anda memiliki ruang yang cukup untuk menyajikan makanan lain di meja, pertimbangkan untuk menggunakan rice cooker yang berukuran kecil, tentu lebih hemat listrik bukan?

3. Blender.

Sebuah dapur di rumah, tidak akan sempurna tanpa kehadiran blender. Berfungsi sebagai penghancur bahan makanan segar seperti buah dan sayur, keberadaannya sangat dibutuhkan di rumah Anda. Dengan blender, Anda bisa menyajikan beragam menu segar yang menjadi favorit keluarga.

Selain itu, blender juga bisa menyiasati anak-anak yang tidak suka sayur atau buah. Anda bisa mengolahnya sendiri dengan bantuan blender ini, mengubahnya menjadi jus segar atau smoothies yang pastinya akan disukai setiap anggota keluarga.

Supaya Anda dapat membuat olahan yang lebih variatif, manfaatkan blender dengan berbagai ukuran sehingga Anda tidak kesulitan untuk memblender bahan makanan tertentu.

4. Panci presto.

Untuk melunakkan daging, berapa lama waktu yang biasa Anda butuhkan untuk merebusnya? Bisa jadi, Anda butuh waktu berjam-jam yang artinya bisa sangat boros energi dan gas. Padahal, dengan bantuan panci presto, Anda tentu hanya butuh waktu sebentar untuk bisa membuat daging lebih lunak dan siap dimasak.

Selain itu, Anda juga bisa melunakkan duri ikan dengan panci presto. Ini tentunya sangat bermanfaat karena bisa mebuat anak-anak menyantapnya dengan lebih aman, tanpa takut terkena duri ikan yang tajam. Dengan demikian, Anda dapat memasak masakan yang lebih variasi seperti Bandeng presto yang sudah dikenal kelezatannya.

5. Panggangan.

Keluarga Anda mungkin sudah bosan dengan makanan yang digoreng, direbus, atau dikukus. Kenapa tak mencoba masakan dengan cara dibakar atau dipanggang? Miliki panggangan di rumah yang bisa membantu Anda dalam menyiapkan menu masakan yang lebih bervariasi.

Sajian seperti sate dan menu bakar lain pun bisa terhidang di meja makan tanpa harus membelinya di tempat lain. Supaya lebih nikmat, buatlah bumbu BBQ yang pas sehingga rasanya meresep dengan sempurna ke dalam bahan yang Anda gunakan.

Jika sudah memilikinya, Anda bisa menjadwalkan acara kumpul keluarga dengan mengundang sanak kerabat dekat. Dengan memiliki panggangan, Anda pun bisa menggelar acara bakar-bakar bersama dengan lebih hemat, tanpa harus ke restoran mahal.

6. Cetakan waffle.

Bagi Anda yang memiliki si kecil di rumah, mereka barangkali suka dengan camilan ringan yang mengenyangkan, misalnya saja waffle. Jajanan jenis ini bisa dengan mudah Anda temukan di mal atau restoran, tapi bukankah menyenangkan jika bisa membuatnya sendiri di rumah?

Dengan berbekal cetakan waffle dan tepung instan yang bisa dibeli di minimarket, Anda pun bisa menghidangkan waffle buatan sendiri untuk buah hati tercinta. Waffle bisa jadi teman berkumpul di ruang keluarga atau variasi menu sarapan di pagi hari. Supaya lebih menarik, Anda bisa mencoba resep ayam dengan waffle buttermilk agar keluarga Anda tidak bosan.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler