Salam Hati Nurani, OSO Perintahkan Hanura Siap-siap

Senin, 21 Desember 2020 – 20:37 WIB
Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang. Foto: M Kusdharmadi/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14, Senin 21 Desember 2020. Partai yang didirikan 21 Desember 2006 itu tetap eksis sampai detik ini dan terus bekerja untuk rakyat. 

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura Oesman Sapta Odang alias OSO dalam momentum HUT ke-14 partainya memerintahkan seluruh kader untuk bersiap-siap.  

BACA JUGA: HUT ke-14, Hanura Luncurkan Gerakan Bulan Bakti Indonesia

Salah satunya adalah bersiap untuk menghadapi verifikasi administrasi dan faktual partai politik (parpol) sebagai syarat menjadi peserta di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

“Saya meminta kepada semua jajaran pengurus agar secara terkonsep, terarah, dan terukur menyiapkan semua persyaratan sesuai undang-undang untuk bisa mengikuti verifikasi administrasi dan verifikasi faktual partai politik untuk Pemilu 2024,” kata OSO dalam pidato HUT ke-14 Partai Hanura dan Bulan Bhakti Hanura di Jakarta, Senin (21/12). 

BACA JUGA: Mesin Partai Sudah Bergerak, Hanura Siap Menangkan Ben-Ujang

Sebab, OSO  menegaskan bahwa langkah taktis dan strategis parpol yang terpenting ialah bisa dengan mudah memenuhi persyaratan sebagai peserta pemilu di ajang pesta demokrasi 2024 mendatang. 

Karena itu, OSO menginstruksikan semuanya fokus agar seluruh persyaratan organisasi, administrasi, hingga kartu tanda anggota (KTA) bisa dipenuhi dengan secepatnya. 

BACA JUGA: HUT ke-14 Hanura, OSO Ajak Kader Doakan Pejuang Kemanusiaan Covid-19

“Dari syarat KTA seribu atau seperseribu per kabupaten di undang-undang, saya instruksikan setiap kabupaten/kota minimal bisa 2000 KTA. Sebab,  2021 mendatang, sudah dilanjutkan kembali pendataan dan input dokumen persyaratan ke SIPOL (sistem informasi partai politik) KPU,” paparnya. 

Mantan ketua DPD dan wakil ketua MPR itu menegaskan bahwa Partai Hanura sampai saat ini merupakan salah satu parpol yang aktif melakukan pendataan via SIPOL KPU, dibandingkan dengan partai lainnya. 

“Ini mengindikasikan Hanura serius untuk menghadapi tantangan awal Pemilu 2024 yaitu memenui syarat menjadi partai politik peserta pemilu,” kata dia. 

Dalam kesempatan itu, OSO juga menyinggung ihwal revisi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu atau UU Pemilu. OSO menegaskan bahwa memang RUU Pemilu sampai saat ini belum disahkan. 

Namun, kata dia, sebagai  konsekuensi parpol yang berikhtiar ikut Pemilu 2024 mendatang, maka semua harus  fokus mempersiapkan diri untuk berkompetisi dengan syarat apa pun yang nanti diputuskan oleh DPR dan pemerintah di UU tersebut. 

Karena itu, OSO mengajak para pengurus dan kadernya menjadikan HUT ke-14 Partai Hanura ini sebagai momentum konsolidasi untuk bersiap mengikuti kompetisi politik 2024. “Makin awal persiapan, makin rapi persiapan, makin tertib persiapan maka makin besar potensi meraih kemenangan,” tegasnya.

OSO menegaskan bahwa yang diperlukan adalah kemenangan untuk kembali bisa masuk dan berkiprah di parlemen (DPR/MPR) di Senayan, sekaligus tumbuh berkembang di DPRD provinsi, kabupaten/kota. “Mari galang solidaritas, sinergi, dan semangat bersatu untuk memajukan partai tercinta,” tegasnya.

Lebih lanjut OSO selaku ketum DPP Partai Hanura menyampaikan salam hati nurani kepada seluruh pengurus dan kader di mana pun berada.  Sebab, tepat 21 Desember 2020 ini Partai Hanura berusia 14 tahun. 

Ia menegaskan Partai Hanura dari  sejak kelahirannya 21 Desember 2006 lalu hingga  saat ini masih tetap eksis. “Usia 14  tahun adalah memasuki masa remaja, masa penuh energik dan optimistis untuk menatap masa depan politik Indonesia,” kata OSO. 

Peringatan HUT ke-14 Partai Hanura mengangkat tema "Hanura untuk Indonesia".  Peringatan HUT ke-14 itu diisi dengan berbagai kegiatan bakti sosial, sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian Partai Hanura kepada rakyat Indonesia.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Hanura I Gede Pasek Suardika mengatakan partainya sangat memahami kondisi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, sehingga DPP mencanangkan program 'Bulan Bakti' untuk mengisi HUT ke-14.

"Kader-kader Partai Hanura di seluruh Indonesia akan melakukan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan selama satu bulan penuh sebagai rangkaian peringatan HUT ke-14. Kami akan terus berjuang bersama pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19," ungkapnya.

Pasek mengatakan syukuran peringatan HUT ke-14 di kantor DPP Partai Hanura juga akan digelar secara sederhana. (boy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler