Sambut Kurikulum Baru, Siap Gelar Pelatihan Guru

Kamis, 20 Desember 2012 – 22:37 WIB
JAKARTA – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDM-PMP), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,  mengklaim sudah siap secara teknis dan substantif untuk melakukan pelatihan kepada guru mengenai kurikulum baru yang akan diterapkan tahun ajaran 2013/2014 mendatang.

Namun rencana pelaksanaan kurikulum baru itu masih menggantung di DPR karena Panitia Kerja (Panja) Kurikulum DPR sedang melakukan kajiaan mendalam atas rencana perubahan, sebagai dasar pengesahan anggaran kurikulum yang nilainya mencapai Rp513 miliar.

“Kalau DPR menyetujui pelaksanaan kurikulum 2013, program diklat di BPSDM akan menyesuaikan arah kebijakan kurikulum 2013 tersebut. Secara teknis dan substansif, Badan sudah siap,” kata Sekretaris BPSDM PMP, Abi Sujak saat dikonfirmasi JPNN, Kamis (20/12) petang.

Abi juga menjelaskan bahwa persiapan pelatihan guru tentang kurikulum baru pendidikan ini masih akan dibahas dengan Wakil Menteri bidang Pendidikan, Musliar Kasim, Kamis malam (20/12).

Terkait metode pelatihan guru serta anggarannya, Abi hanya menegaskan bahwa semuanya sudah disiapkan. “Anggaran dan sistem manajemen kurikulum sudah siap,” ujar Abi.

Sebelumnya anggota Panja Kurikulum, Komisi X DPR, Ferdiansyah mengungkapkan, anggaran pelaksanaan kurikukulum baru 2013 senilai Rp513 miliar tidak menganggarkan pelatihan guru melalui BPSDM-PMP.

Karena anggaran itu hanya dialokasikan pada Direktorat Pembinaan SD sebesar 269,3 miliar, Direktorat Pembinaan SMP sebesar Rp 130,2 miliar dan Direktorat P2TK Dikdas) sebesar 114,4 miliar.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kurikulum Berubah, Pelatihan Guru Tak Dianggarkan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler