Samsung Galaxy S21 Dipastikan Batal Menambah Fitur Kamera di Bawah Layar

Rabu, 07 Oktober 2020 – 15:21 WIB
Ilustrasi, Samsung Galaxy S21 Ultra. Foto: Gizchina

jpnn.com - SAMSUNG dikabarkan tidak akan menghadirkan fitur kamera di bawah layar pada Galaxy S21. Padahal, fitur ini diprediksi akan menjadi salah satu unggulan di Galaxy S21.

Informasi dari media di Korea Selatan menyebutkan teknologi kamera bawah layar yang rencananya diaplikasinya pada Galaxy S21 belum siap untuk diproduksi secara massal.

BACA JUGA: Siap Diluncurkan, Samsung Galaxy A42 5G Bakal Punya 3 Warna Kece

Sebagai gantinya, Samsung berniat akan menyematkan teknologi itu pada smartphone flagship lainnya kemungkinan ialah Galaxy Z Fold 3.

Dilansir dari SamMobile, rabu (7/10), Samsung sejatinya sudah membuat tim teknik yang disebut "Hole In Active Area" (HIAA) untuk melakukan pengeboran pada layar.

BACA JUGA: Wow, Samsung Galaxy A72 akan Bawa 5 Kamera Belakang

Namun teknologi tidak itu sesuai dengan standar Samsung meski telah diuji secara ekstensif.

Produsen asal Korea Selatan itu dilaporkan mempertimbangkan dua variasi metode pengeboran laser yaitu punch-hole tunggal dan satunya lagi menggunakan beberapa sayatan mikro.

BACA JUGA: Samsung Galaxy S20 FE Resmi Diluncurkan, Ada 6 Warna, Bisa Akses Xbox Game

Samsung akhirnya mencoba mengoptimalkan pilihan kedua, tetapi akhirnya menyerah untuk melakukan peluncuran pada lini Galaxy S21 yang rencana meluncur Februari 2020 mendatang.

Samsung dilaporkan juga sedang menjajaki kamera di bawah layar tanpa harus mengebor display OLED.

Namun ide itu jauh lebih sulit untuk dicapai daripada mengembangkan HIAA versi baru.

Selain itu, Samsung juga belum menyelesaikan kombinasi lensa dan sensor yang akan digunakan untuk mentenagai kamera selfie bawah layarnya.

Ini bukan kali pertama Samsung membatalakan rencana teknologi terbarunya itu, sebelumnya Samsung berniat untuk menghadirkannya di Galaxy Z Fold 2 yang meluncur September lalu.

Rencana tersebut kemudian dibatalkan dan dipilih Galaxy S21 yang akan meluncur awal tahun depan.

Namun lagi-lagi rencana itu juga harus diundur dan sepertinya baru akan melakukan debutnya bersama Galaxy Z Fold 2 yang dijadwalkan meluncur pada paruh kedua 2021. (ddy/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler