Sandi: Gedung di Jakarta Membuang-buang Listrik

Sabtu, 25 Maret 2017 – 22:15 WIB
Sejumlah gedung di kawasan Bundaran HI, Jakarta, memadamkan lampu selama satu jam dalam aksi earth hour 2015 lalu. Foto: Haritsah Almudatsir/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku selalu mengikuti gerakan earth hour setiap tahun. Sudah tujuh tahun terakhir dia mematikan semua peralatan listriknya selama satu jam pada hari Sabtu minggu ketiga bulan Maret.

Tahun ini earth hour jatuh pada masa kampanye puteran kedua Pilkada DKI 2017. Karena itu, Sandiaga pun mengimbau warga ibu kota untuk mengikuti gerakan ini.

BACA JUGA: Warga Sebut Ahok Gubernur KW, Anies Tersenyum

"Saya akan ingatkan di rumah dan ini adalah bentuk kepedulian kita terhadap bumi yang semakin hari semakin lelah. Jadi satu jam kita gunakan untuk mematikan listrik," kata Sandiaga, Sabtu (25/3).

Dikatakan Sandiaga, gerakan tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan dengan menghemat pengeluaran energi.

BACA JUGA: Warga Pondok Kelapa Patungan untuk Anies-Sandi

"Dan memastikan energi untuk warga kelas menengah ke bawah juga tetap tersedia," ujarnya.

Di ibu kota, lanjut Sandiaga, yang harus diperhatikan adalah efisiensi penggunaan energi listrik.

BACA JUGA: Anies: Ikut OK OCE, Semua Akan Merasakan Sejahtera

"Saya lihat gedung-gedung itu tidak efisien menggunakan listrik, AC dibuang-buang secara percuma, pencahayaan yang berlebihan," ungkapnya.

Hal itu, tambah Sandiaga, merupakan tugas tim arsitek untuk memastikan gedung - gedung ramah energi.

"Harus ada proyek-proyek yang mengkonservasikan energi untuk menghadirkan Jakarta juga sangat efisien pennggunaan energinya," pungkasnya. (prs/rmol)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sandi Dapat Dukungan Penuh Adik Tiri Pak Harto


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler