Sandiaga Uno: Program Family Sunday Movies Bisa jadi Wadah Pelaku Film Indonesia

Senin, 29 November 2021 – 20:04 WIB
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam peluncuran Program Family Sunday Movie. Foto: jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memperkenalkan Program Family Sunday Movie kepada para filmmaker di seluruh Indonesia untuk mempublikasikan karya-karya film pendek atau dokumenter secara daring, Senin (29/11).

Dia mengatakan, ekonomi kreatif masih menjadi sektor pertumbuhan yang sangat cepat dan menyumbangkan 1.100 triliun.

BACA JUGA: Selain Ganjar dan Prabowo, Sandiaga Uno Berpotensi jadi Capres Alternatif 2024

"Jadi, produksinya secara presentasi Indonesia ada di peringkat ketiga. Pertama ada Amerika dengan Hollywoodnya, kemudian Korea Selatan dengan industri K-Pop nya," ujarnya.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan ekonomi kreatif harus bisa menjadi tulang punggung Indonesia.

BACA JUGA: Bioskop Mulai Dibuka, Sandiaga Uno Ingin Industri Perfilman Bangkit

"Perfilman menjadi salah satu sub sektor yang terdampak pandemi covid-19 karena proses produksinya terkendala, promosinya juga mengalami kesulitan dan ada penutupan bioskop saat PPKM," tuturnya.

Pemerintah telah melakukan evaluasi kebijakan yang bisa menghidupkan kembali perfilman Indonesia dengan menjalankan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PAN) guna mengurangi dampak pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Menanti Kisah Cinta Omar Daniel dan Mikha Tamboyong di Film Langit Kala Senja

"Tren positif perekonomian Indonesia sudah terlihat di kuartal ke 2 yang tumbuh 7 persen dan akhir tahun diperkirakan bertumbuh di atas 5 persen," kata Menteri Sandiaga Uno.

Program Family Sunday Movies ini bertujuan menjadi wadah bagi para pelaku film di daerah untuk menghasilkan karya-karya orisinil yang berkualitas.

"Film yang ditayangkan hari ini adalah bukti nyata inspirasi bisa berasal dari mana saja," ungkapnya.

Acara tersebut juga menayangkan dua film pendek yang mendapatkan penghargaan dari Kemenparekraf.  

"Film We lahir dari sebuah lagu dan menjadi karya visual yang menyentuh hati. Karya RIU Record sebuah komunitas audio visual dari Kota Makassar ini diadaptasi dari lagu karya Juang Menyala," Kata Menteri Sandiaga Uno.

Film Krenteng diproduksi oleh komunitas Desa Sinema Kepundu yang telah meraih beberapa penghargaan seperti Festival Film Tegal tahun 2019.

"Peluncuran Festival Sunday Movies diharapkan menjadi solusi konkrit untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja," tutup Menteri Sandiaga Uno. (mcr18/jpnn).

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... RKS Banjarmasin Deklarasi Sandiaga Uno Capres 2024 di Momen Hari Pahlawan


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mercurius Thomos Mone

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler