Sandiaga Uno Soal Pawang Hujan di MotoGP Mandalika: Waktu World Superbike Itu Ada, Tetapi

Rabu, 16 Maret 2022 – 17:35 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut pihaknya belum pernah memikirkan untuk melibatkan pawang hujan saat perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022. 

Sandiaga Uno mengatakan hal tersebut untuk pertanyaan dari legislator di Komisi X DPR dalam rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/3). 

BACA JUGA: Bamsoet dan Jokowi Menjamu Pembalap MotoGP dengan Wedang Jahe di Istana Negara

Politikus Partai Gerindra itu menjelaskan bahwa sebelumnya pawang hujan sudah disiagakan pada ajang World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika pada November 2021 lalu.  

Namun, lanjut Sandi, panggilan akrab Sandiaga Uno, area Mandalika tetap diguyur hujan saat kegiatan WSBK tersebut. Trek balap sirkuit yang terletak di NTB itu menjadi licin. 

BACA JUGA: Presiden Berharap Gelaran MotoGP Angkat Citra Indonesia di Dunia

“Saat World Superbike itu ada pawang, pak, tetapi akhirnya pawangnya menuntut pihak panitia, pak. Iya, tetap hujan, pak," kata Sandi. 

Pria kelahiran Rumbai, Pekanbaru, Riau, itu menyebut pihaknya akan memakai teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mencegah hujan saat MotoGP Mandalika.

BACA JUGA: Jelang MotoGP Indonesia, Sandiaga Sebut Ada Ribuan Kamar Kosong, Harga Mulai Rp 200 Ribu

Adapun, kata Sandi, TMC akan dilakukan dengan melibatkan lembaga seperti Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), hingga Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU).

"Jadi, memang ini yang terus kami upayakan dengan TMC, pak. Namanya teknologi modifikasi cuaca," ujar mantan wakil gubernur DKI Jakarta tersebut.

Sisi lain, Sandi dalam rapat itu memaparkan bahwa Sirkuit Mandalika sudah siap menyelenggarakan MotoGP setelah dirinya mendapat penjelasan dari Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto.

"Semuanya sudah ready to go, 100 persen. Namun, tentunya harus berdoa kepada Allah SWT karena cuaca ini tentunya menjadi suatu yang perlu kami antisipasi juga," kata Sandiaga Uno. (ast/jpnn)


Redaktur : Boy
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler