Sarat Gengsi

Sabtu, 14 Juli 2012 – 07:58 WIB

SURABAYA - Persebaya Surabaya versus Arema Malang selalu menjanjikan pertarungan sarat gengsi. Pertemuan dua kekuatan besar sepak bola tanah air tersebut akan tersaji malam nanti (14/7) di Stadion Gajayana Malang dalam lanjutan kompetisi Indonesian Premier League (IPL).

Bagi Green Force -julukan Persebaya- pertandingan hari ini akan menjadi partai pemungkas di musim kompetisi 2011/2012. Meski hasil laga tak lagi berpengaruh pada posisi Persebaya di papan klasemen, pertandingan melawan Arema selalu menjadi laga penting untuk Erol Iba dkk.

Persebaya mencatat hasil apik berupa kemenangan dengan skor 2-1 pada pertemuan pertama Maret lalu di Gelora Bung Tomo. Dua gol Persebaya dihasilkan Feri Ariawan dan penalti Otavio Dutra. Di kubu Arema, gol dihasilkan oleh Talaohu Abdul Musafri.

Nah, menjelang laga terakhir Persebaya ini, pelatih Divaldo Alves menginstruksikan anak asuhnya bermain lepas. "Ini akan menjadi laga terakhir tim. Sangat penting buat tim untuk bermain enjoy. Saya harap semua menikmati pertandingan," tutur Divaldo kemarin.

Untuk pelatih berkebangsaan Portugal tersebut perjumpaan dengan Arema menjanjikan banyak cerita. Lihat saja, pada pertemuan pertama, semua sudut Gelora Bung Tomo penuh sesak terisi pendukung Persebaya. Bahkan tiket yang dicetak sebanyak 55 ribu lembar ludes terjual.

Melawan Arema, mantan pelatih Persijap Jepara itu menurunkan semua pemain terbaiknya. Sebanyak 18 pemain diboyong ke Malang kemarin (13/7). Diantara nama-nama tersebut, kapten tim Erol Iba, yang diragukan kondisinya tetap diboyong. "Kita lihat perkembangan terakhir nanti," ujar Divado.

Minus Andik Vermansyah di lini depan, Persebaya siap tampil ngotot. Posisinya akan digantikan Rendi Irwan atau Feri Ariawan. Rendi ataupun Feri akan menjadi trisula bersama Fernando Soler dan Mat Halil.

Lini belakang Persebaya perlu mewaspadai mantan pemain Persebaya di kubu Arema, Andrew Barisic. Penyerang asal Australia itu sudah menjaringkan delapan gol. Bersama Musafri, duet penyerang itu sudah menjaringkan 8 gol dari total 33 gol Arema hingga pertandingan ke-20 -nya.

Motivasi juga datang dari CEO Persebaya I Gede Widiade. Laga lawan Singo Edan--julukan Arema-- akan menjadi penilaian akhir untuk para pemain."Istilahnya, setelah lawan Arema ini, pemain akan menerima rapornya dalam satu musim kompetisi," ujar Gede.

Gede juga meminta agar pendukung tim kebanggaan arek-arek Suroboyo itu tak bertolak ke Malang dengan alasan keamanan. Apalagi rivalitas kedua tim sangat berpotensi menimbulkan gesekan antar suporter.

Di sisi lain, pelatih Arema Dejan Antonic menuturkan timnya akan berjuang habis-habisan demi mengamankan poin kandang. "Saya fokus 100 persen untuk pertandingan ini. Meski kami menelan kekalahan saat lawan Bontang FC (11/7) lalu, kami sudah lupakan dan siap lawan Persebaya," ucap Dejan.

Kubu Arema sendiri tereduksi tiga pemain. Kiper Aji Saka bergabung dengan Timnas U-22. Saddam Tenang masih berkutat dengan cedera. Gunawan Dwi Cahyo berada di Jakarta untuk bergabung dengan timnas senior. (dra/ko)

Perkiraan Pemain
Arema (4-4-2): 30-Dennis Romanovs (pg); 24-Legimin Raharjo (c). 21-Irfan Raditya, 16-Hermawan, 8-Faris Bagus; 22-Putut Waringin Jati, 9-Roman Chmelo, 48-Marko Krasic, 11-Ahamd Amirudin; 29-Abdul Musafri, 15-Andrew Barisic
Pelatih: Dejan Antonic

Persebaya (4-3-3): 30-Endra Prasetya (pg); 24-Yusuf Hamzah, 5-Otavio Dutra, 15-Rivelino Ardiles, 3-Erol Iba(c); 14-Jusmadi, 8-Taufiq, 29-Mario Karlovic, 12-Rendi Irwan, 9-Fernando Soler, 2-Mat Halil
Pelatih: Divaldo Alves

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tahun Depan, Liverpool Awali Pra-musim di Indonesia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler