Satgas Covid-19 Mencatat Kenaikan Kasus di 5 Provinsi, Waspada!

Selasa, 09 November 2021 – 23:45 WIB
Wiku Adisasmito. Ilustrasi Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 mencatat ada lima provinsi yang mengalami kenaikan kasus Corona dibandingkan minggu sebelumnya. Namun, secara nasional penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia terus membaik.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan pada periode 1-7 November 2021, tercatat kasus positif menurun sebesar 12,2 persen dibandingkan minggu lalu. Penurunan pada minggu ini menjadi yang ke-16 berturut-turut dari puncak kasus kedua pada Juli lalu.

BACA JUGA: Kasus COVID-19 Melonjak, 5 Rumah Sakit ini Tak Mampu Lagi Tangani Pasien

Wiku menerangkan seiring dengan menurunnya kasus positif, angka kematian juga terus menurun. Bahkan, penurunannya minggu ini lebih rendah dari penurunan angka kasus positif, yaitu 31,7 persen.

Hal yang perlu diperhatikan pada kasus aktif ialah penanganan pasien sembuh, baik di rumah sakit maupun isolasi mandiri di rumah.

BACA JUGA: Presiden, Prabowo, Panglima, Seluruh Kepala Staf Hadir, Kecuali Jenderal Andika

"Kita harus tetap menyadari bahwa satu nyawa pun terhitung sangat berharga. Jika tujuan kami adalah endemi Covid-19, maka kita tidak dapat menoleransi bahkan satu kematian pun," kata Wiku di Graha BNPB, Selasa (9/11).

Selanjutnya, perkembangan pada minggu ini, terdapat 5 provinsi mencatatkan kenaikan kasus positif tertinggi jika dibandingkan minggu sebelumnya.

BACA JUGA: Letjen Dudung Pakai Emotikon untuk Sikapi Seruan Boikot dari Habib Rizieq

Kelima provinsi itu, yakani Papua Barat naik 100 kasus, DI Yogyakarta naik 77 kasus, DKI Jakarta naik 46 kasus, Sulawesi Tenggara naik 7 kasus, dan Kepulauan Bangka Belitung naik 5 kasus.

Wiku menekankan peristiwa itu harus dicermati semua pihak. Jika dibandingkan provinsi lain yang tidak mengalami kenaikan kasus, maka penambahannya terbilang besar.

Untuk itu, dia meminta kepada gubernur di lima provinsi dimaksud segera berkoordinasi dengan bupati dan wali kota di bawahnya untuk mengantisipasi adanya kenaikan kasus di minggu berikutnya.

Sementara pada angka kematian minggu ini, ada lima provinsi mencatatkan kenaikan tertinggi, yaitu Sulawesi Utara naik 5 kematian, Sumatera Barat naik 3 kematian, Sulawesi Selatan naik 2 kematian, Riau naik 2 kematian dan Kalimantan Barat naik 1 kematian.

"Sekali lagi, jumlah ini mungkin bisa dikatakan sangat sedikit, tidak lebih dari lima orang meninggal dalam seminggu," kata dia.

Di samping itu, terdapat lima provinsi dengan jumlah kasus aktif Covid-19 tertinggi minggu ini, yaitu Jawa Tengah ada 1.650 kasus, Papua ada 1.629 kasus, Jawa Barat ada 1.568 kasus, DKI Jakarta ada 1.536 kasus dan Kalimantan Utara ada 738 kasus aktif.

BACA JUGA: Innalillahi, Suriyati Tewas dalam Posisi Memangku si Bungsu & Merangkul 2 Putrinya

"Kepada gubernur dari kelima provinsi ini mohon diingat bahwa provinsi-provinsi ini menjadi penyumbang terbanyak kasus aktif di tingkat nasional," tambah Wiku. (tan/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler