Satgas Covid-19 Minta Pemeriksaan Corona di Daerah Dievaluasi

Selasa, 15 Desember 2020 – 22:18 WIB
Wiku Adisasmito. Foto: ANTARA/Prisca Triferna

jpnn.com, JAKARTA - Kapasitas testing secara nasional atau pemeriksaan laboratorium Covid-19 sempat mencapai puncak pada minggu lalu yakni sebesar 96,35 persen.

Pencapaian itu dinilai sebagai angka yang sangat tinggi. Namun demikian, pencapain testing pada pekan ini harus menjadi bahan evaluasi.

BACA JUGA: Kapolres Sergai dan Anggota Diperiksa Propam Polda Sumut, Kasus Apa?

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, pada pekan ini, angka testing mengalami penurunan kembali menjadi 81,9 persen.

Wiku menuturkan penurunan ini bisa disebabkan berbagai hal, salah satunya seperti penyelenggaraan Pilkada Serentak baru-baru ini.

BACA JUGA: Polisi Meninggal Dunia Saat Menjalankan Tugas, Kapolda Irjen Martuani Beri Penghormatan Terakhir

"Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat kita sudah mendekati target dari WHO pada minggu lalu," jelasnya saat memberi keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (15/12).

Terkait penurunan testing ini, Wiku meminta para pimpinan daerah untuk melakukan evaluasi. Pemerintah daerah diminta mempertajam permasalahan yang terjadi dimana berujung pada menurunnya angka testing secara nasional.

BACA JUGA: Selain Batuk dan Sesak Napas, Ini Gejala Baru untuk Penderita Covid-19

"Segera koordinasikan dengan Satgas di pusat jika terjadi kendala yang sulit diselesaikan," tegasnya.

Hal ini, menurutnya, dapat dijadikan pelajaran bagi pimpinan daerah dalam upaya penanganan Covid-19. Jangan sampai kejadian serupa terjadi kembali di masa yang akan datang.

"Upaya 3T yaitu, testing, tracing, dan treatment secara konsisten agar deteksi dini dan penanganan pasien Covid-19 dapat berjalan dengan baik," imbuh Wiku.

BACA JUGA: Mbak Diana Tewas dengan Tangan Terikat dan Mulut Disumpal, Kondisi Mengenaskan

Lalu, bagi daerah-daerah yang sudah memenuhi target testing WHO, diharapkan untuk fokus melaksanakan targeted testing, yaitu testing kepada kontak erat hasil tracing dari kasus positif Covid-19. Bagi daerah yang belum memenuhi target testing, agar segera meningkatkannya secara terperinci. (tan/jpnn)


Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler