Satu Ambulans Marinir Siaga di Rumah Purnawirawan TNI Istimewa ini, Siapa Dia?

Selasa, 28 Juli 2020 – 13:50 WIB
Mobil ambulans milik PLP Korps Marinir 5 Baluran siaga di rumah Vence Kandouw. Foto: ngopibareng/ist

jpnn.com, BANYUWANGI - Ambulans Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Korps Marinir 5 Baluran tampak disiagakan di sebuah rumah di wilayah Muncar Banyuwangi.

Ambulans ini lengkap dengan pengemudinya yang bersiaga. Rumah itu milik Pelda Vence Kandouw di sekitar Muncar Banyuwangi.

BACA JUGA: Eks KKO: Ada Sayatan Melingkar di Leher Jenderal Ahmad Yani

Dia sudah menjadi pensiunan atau purnawirawan sejak puluhan tahun yang lalu.

Ambulans ini memang sengaja disiagakan oleh Marinir untuk Pelda Vence Kandouw. Jika sewaktu-waktu butuh diantar ke rumah sakit, Pelda Vence Kandouw akan diantar dengan ambulans ini.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Maaf Gibran Belum Matang, KKB Tantang TNI-Polri, KPK Selidiki Dugaan Korupsi di Jatim

Pelda Vence Kandouw adalah seorang pensiunan Marinir. Dulu namanya Korps Komando (KKO-AL). Pelda Vence Kandouw menjadi istimewa karena dia menjadi salah satu prajurit yang mengangkat jenazah Pahlawan Revolusi dari sumur Lubang Buaya.

Komandan PLP Korps Marinir 5 Baluran, Letnan Kolonel Marinir Agus Wahyudi, menyatakan, Vence Kandouw yang saat ini sedang sakit harus menjalani rawat jalan ke Rumah Sakit (RS) dua kali dalam seminggu. Yakni setiap Senin dan Kamis.

BACA JUGA: Simak! Pesan Brigjen TNI Marinir Hasanudin Kepada Perwira Siswa Seskoal

"Itu bukti kepedulian kami. Beliaunya kan sebagai sesepuh KKO-AL, sesepuh marinir. Jadi itu ambulans itu untuk terapi," jelas Agus Wahyudi.

Mobil ambulans itu sudah stand by di sana rumah Pelda Vence Kandou sejak Minggu, 26 Juli 2020. Rencananya mobil ambulans itu akan ditempatkan di rumah Vence Kandouw sampai yang bersangkutan kembali sehat.

"Akan standby di sana sampai beliau sembuh. Karena saya lihat saya kemarin beliau masih belum bisa jalan karena retak kaki jatuh dari kamar mandi," tegasnya.

Mobil ambulans itu ditempatkan di rumah Vence Kandouw beserta pengemudinya. Kebetulan rumah pengemudinya masih berada di wilayah Muncar. Tak jauh dari rumah Vence Kandouw.

Saat Vence menjalani terapi, PLP Korps Marinir 5 Baluran juga menugaskan petugas kesehatan untuk mendampingi.

"Anggota kesehatan dari PLP Korps Marinir 7 Lampon ada di sana. Secara rutin dicek kesehatan beliau (Vence Kandou). Kebetulan rumahnya di sekitar itu," ungkapnya.

Agus Wahyudi menyatakan, dirinya secara rutin mengunjungi Vence Kandou di kediamannya. Begitu juga dengan anggotanya. Karena itu memang sudah perintah dari Komandan Korps Marinir dan Komandan Kolatmar.

"Ini sebagai bentuk kepedulian kami. Beliau juga selalu diundang ke Jakarta dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila," katanya.

Anak ketiga Vence Kandouw, Laksmarion Mol Kandouw menyambut baik perhatian yang diberikan oleh Korps Marinir ini.

Dia menyatakan, mobil ambulans dari PLP Korps Marinir 5 Baluran ini sangat membantu untuk proses terapi ke RS.

"Sangat membantu, kontrol tadi, Papa bisa nyaman ketika di bawa ke RS," ujarnya. (ngopibareng/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler