Satu Jam Langit Laut Selatan Akan Warna-warni

Senin, 31 Desember 2012 – 11:18 WIB
TASIK - Gemerlap warna-warni kembang api akan menghiasi langit Pangandaran di malam pergantian tahun 2012 ke 2013.  Pesta kembang api akan dipusatkan di Pantai Barat, tepatnya di Lapang Boulevard Pangandaran.

Pesta kembang api merupakan rangkaian acara Welcome 2013 Pangandaran Beyond Nye Seaside Party. Rully, direktur Javakari, EO dalam kegiatan ini, mengatakan pesta kembang api berdurasi sekitar satu jam. “Pesta kembang api tentu kita siapkan seperti tahun-tahun sebelumnya,” ungkapnya seperti diberitakan Radar Tasikmalaya (Grup JPNN).

Pesta kembang api akan digelar beberapa menit menjelang pergantian tahun. Rully mengatakan kemeriahan kembang api tahun ini diprediksi akan lebih semarak, mengingat banyak pengusaha dan wisatawan yang juga menyiapkan pesta kembang api.

“Bukan hanya kita, seperti biasanya, pengusaha dan wisatawan juga banyak yang menyiapkan pesta kembang api. Jadi sepertinya tahun ini juga akan lebih semarak, karena tahun ini Pemda Ciamis dan kami juga menyiapkan kembang api lebih banyak,” tuturnya.

Rully menjelaskan acara perayaan Tahun Baru sudah mulai sejak Sabtu (29/12). Dalam acara itu dihadirkan parade lomba dan kreativitas anak, lomba dancer, parade band, pentas seni budaya dan lainnya.

Adapun pada malam pergantian tahun, kata dia, kegiatan akan dimeriahkan penampilan langsung sejumlah band, seperti Boys N Root, Burger Time, Leo Hermawan, Artistick Shadow dan sejumlah DJ.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Ciamis Sobar Sugema mengatakan perayaan tahun baru merupakan hajat besar disbudpar. Ia berharap dengan berbagai kegiatan hiburan bisa menambah daya tarik wisatawan untuk merayakan malam pergantian tahun di Pantai Pangandaran.

“Kita berharap warga dan wisatawan bisa menikmati suasana tahun baru dengan suka cita, mudah-mudahan semuanya berjalan lancar,” tuturnya. Sobar mengatakan aktivitas wisata di Pangandaran sudah mulai meningkat sejak 24 Desember 2012.

Dia memperkirakan puncak kepadatan wisatawan akan terjadi malam ini. Kabagops Polres Ciamis Kompol Sutisna berharap kerja sama semua pihak untuk meminimalisir kemacetan --yang kerap terjadi berulang setiap tahunnya.

Perwira yang pernah menjabat kapolsek Pangandaran tersebut berharap wisatawan --yang sudah masuk ke kawasan Pangandaran-- tidak menggunakan kendarannya untuk jalan-jalan.

“Kami mengimbau agar kendaraan tamu-tamu hotel diparkir saja di tempat aman. Kita khawatir akan terjadi kemacetan panjang. Lebih baik, jalan kaki saja saat jalan-jalan, apalagi menjelang malam Tahun Baru,” ungkapnya.

Sutisna sangat mendukung agar car free night di bisa diterapkan di Pangandaran, terutama di Jalan Pantai Barat yang kerap dilanda kemacetan.

"Tentunya semua pihak harus terlibat. Pihak hotel juga harus mengimbau tamu-tamunya agar tidak keluar menggunakan kendaraan," tuturnya.

Dikatakakannya, Polres akan melakukan sistem buka tutup saat arus kendaraan meningkat di dalam kawasan Pangandaran. Guna mengamankan perayaan malam pergantian tahun, kata dia, Polres Ciamis akan mengirimkan puluhan personel bantuan ke Pangandaran, dari satuan Lantas, Dalmas, Reskrim, Intel dan Narkoba. "Sekitar 30 orang anggota kita siagakan di Pangandaran. Mereka akan menempati pos-pos gatur yang sudah disiapkan," ungkapnya.

Dia mengimbau warga dan wisatawan pun tidak lengah, terutama dalam menyimpan barang dan kendaraan. "Pada musim libur tindak kriminalitas biasanya meningkat. Jadi selalu waspada, kendaraan dikunci ganda dan pastikan pintu kamar terkunci saat ditinggalkan," sarannya. (nay)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pesta Kembang Api di Pantai Pangandaran

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler