Satu Miliar Warga Dunia Kelaparan, Petani Perlu Perlindungan

Selasa, 14 Mei 2013 – 20:36 WIB
JAKARTA - Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI), Henry Saragih mengatakan saat ini satu miliar orang di dunia mengalami kelaparan. Jumlah tersebut menurut Henry, meningkat drastis dibanding tahun 2005 yang hanya 250 juta jiwa.

"Untuk itu, RUU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani diharapkan mampu mengatasi ancaman kelaparan di masa datang akibat perubahan iklim dunia yang tidak menentu," kata Henry Saragih, di press room DPR, Senayan Jakarta, Selasa (14/5).

Selain itu lanjutnya, RUU ini bisa menjawab aspirasi petani yang selama ini belum terjawab oleh pemerintah.

Selain diharapkan dapat mengurangi tragedi kelaparan di dunia, lanjutnya, RUU ini nantinya juga mendorong petani Indonesia bisa lebih maju dan sejahtera, di tengah ancaman krisis pangan global dunia.

Dia mengingatkan DPR agar memperjelas dan mempertegas definisi petani dan perlindungannya serta singkronisasi dengan UU tata ruang dan UU terkait lainnya.

"Definisi tersebut sangat penting agar petani tidak jadi buruh industri pertanian dan lahan pertanian produktif tidak mudah beralih fungsi menjadi kawasan industri atau perumahan," harapnya. (fas/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Menhan Jamin Benny Wanda Tak Ditanggapi Internasional

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler