Satu jenazah telah ditemukan di sebuah properti di utara negara bagian New South Wales (NSW), di mana keadaan darurat banjir telah membuat 20.000 warga setempat dievakuasi.

Seorang perempuan dilaporkan hilang di wilayah Burringbar, selatan Murwillumbah, NSW, pada Kamis (30/03/2017) malam.

BACA JUGA: Dr Yao Chang Gunakan Foto Yang Bagus Sebagai Obat

Polisi mengatakan, satu tubuh ditemukan di properti yang terkena banjir pada Jumat (31/03/2017 sekitar pukul 08:00 pagi.

Pemeriksaan forensik post-mortem akan dilakukan pekan depan.

BACA JUGA: ELL: Bahasa Inggris untuk Memulai Pertemanan

Curah hujan sebanyak 500-740mm tercatat di lembah Tweed River selama 24 jam hingga Jumat (31/03/2017) pukul 02:00 dini hari, meskipun hujan mulai mereda setelah jam itu.

Area utama yang terdampak berada di sekitar Murwillumbah -di mana para penduduk telah mengungsi di langit-langit dan di atap rumah mereka -dan di Lismore, di mana Sungai Wilsons telah mencapai ketinggian 11.6 meter.

BACA JUGA: Angin Kencang dan Banjir Bergerak ke Utara NSW, Warga Diperintahkan Mengungsi

Layanan Darurat Negara Bagian NSW telah melakukan hampir 400 penyelamatan banjir di wilayah tersebut dan menerima sekitar 2.000 panggilan bantuan sejak Rabu (29/03/2017) malam. Sebagian wilayah signifikan di Lismore hampir tenggelam oleh banjir.

ABC News: Ruby Cornish

Menteri Utama NSW, Gladys Berejiklian, mengatakan, situasinya berbahaya.

"Jangan lakukan apapun yang bahkan jauh berisiko, silakan lindungi diri anda sendiri dan orang di sekitar Anda, cuaca ini adalah kondisi yang sangat berbahaya, dan kembali saya ingin berterima kasih kepada semua pekerja yang bertugas di lapangan, untuk mendukung ribuan orang yang dievakuasi, atau berada dalam kondisi tidak aman," utaranya.Ada peluang kondisi lebih buruk

Wakil komisaris Layanan Darurat (SES) NSW, Mark Morrow, mengatakan, banjir bukanlah area bermain.

"Sejujurnya, hari ini saya melihat gambar menjijikkan dari orang-orang yang diseret di belakang papan wakeboards, berpikir bahwa hal itu menyenangkan. Tidak, ini serius," sebut Mark Morrow.

"Bagi relawan kami, kondisi ini terlalu berisiko," sambungnya. Pemilik toko Kindred Collective di Murwillumbah memberi tahu warga untuk menikmati barang-barang gratis yang mengambang di sekitar mereka.

Facebook: Kindred Collective

Ketinggian Sungai Tweed di Murwillumbah dan Chinderah merupakan kekhawatiran utama bagi petugas layanan darurat dan diperkirakan mencapai puncaknya sekitar Jumat (31/03/2017) tengah malam dengan air pasang.

"Dengan air pasang yang datang, ada kemungkinan bahwa kondisi bisa jauh lebih buruk," kata Lindy Alston dari SES.

Sementara itu, di Lismore, cuaca buruk diperkirakan bergerak ke selatan dalam semalan dan pindah ke wilayah Sungai Richmond.

"Pada Jumat (31/03/2017) malam hingga Sabtu (01/04/2017), air diperkirakan turun ke hilir," kata Justin Robinson dari Biro Meteorologi Australia (BOM).

"Air akan terus bergerak ke Coraki, Bungawalbin dan Woodburn, dan ada peringatan banjir besar untuk daerah itu," imbuhnya.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterbitkan: 18:25 WIB 31/03/2017 oleh Nurina Savitri.

Lihat Artikelnya di Australia Plus

BACA ARTIKEL LAINNYA... Galeri Foto Kondisi Brisbane dan Queensland Tenggara Akibat Badai

Berita Terkait