Saudara Tua Lebih Kuat

Kamis, 12 Juli 2012 – 21:42 WIB

PEKANBARU—Empat gol Kubo dan satu gol Suzuki Ryuga di masa injury-time membenamkan Timnas U-22 Indoesia dengan skor telak 5-1 saat menjamu Jepang dalam laga machday ke-4 grup E, di  Stadion Utama Pekanbaru, Riau, Kamis (12/7). Dengan kekalahan ini Indonesia tertahan di posisi empat setelah posisi tiga direbut Singapura yang menang melawan Makau.

Sementara Jepang kembali ke puncak klasemen Grup E yang sebelumnya diduduki Australia. Dengan kemenangan ini Jepang mengunci satu tiket ke putaran final meski harus menjalani laga terakhir melawan Australia.

Sementara bagi Indonesia kekalahan ini membuat posisi Garuda Muda menjadi sulit. Satu-satunya peluang agar menjaga asa melaju ke fase berikutnya adalah Adi Bayauw dan kawan-kawan harus bisa mengalahkan Singapura di laga pamungkas.

Jalannya Laga

Menit ke 32, Jepang  membuka skor di menit ke 32.  Kubo berhasil mencetak gol lewat tendangan bebas. 1-0 Jepang unggul. Gol pertama ini membuat semangat Garuda muda mengendur. Sebaliknya Jepang terus melakukan gempuran. Hasilnya Kubo berhasil membobol jala Indonesia untuk kali kedua di menit 35. Jepang kini unggul 2-0.

Tertinggal 2-0, Bima Ragil dan kawan-kawan berupaya melakukan serangan. Agung Supriyanto sempat mendapatkan peluang manis. Sayang tendangan keras yang dilesakkannya dalam kawalan pertahanan Jepang ini masih mampu ditangkap kiper. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.
 
 Memasuki babak kedua Timnas U-22 terlihat meningkatkan tempo serangan. Hasilnya  beberapa kali kerjasama Adi Bayauw dan Agung berhasil mendapatkan kesempatan mencetak gol. Sayang dewi fortuna belum memihak mereka.
 
Namun demikian mereka tak mengendurkan serangan.  Hasilnya Agung Supriyanto berhasil merobek jala Jepang untuk memperkecil kedudukan di menit ke 58 lewat eksekusi penalty. Gol ini lahir dari serangan bertubi-tubi yang dilakukan timnas. Saat itu tendangan Dany Saputra mengenai tangan Iwanami Takuya di kotak penalti Jepang. Wasit kemudian menunjuk titik putih yang dieksekusi dengan sempurna oleh Agung. Skor kini menjadi 2-1.
 
Namun demikian upaya Indonesia menyamakan kedudukan semakin sulit. Menit ke  65, Kubo mencetak Hattrick dan memperbesar keunggulan Jepang menjadi 3-1. Meski tertinggal  Indonesia terus mengupayakan serangan.
 
Namun demikian renggangnya barisan pertahanan membuat Kubo mencetak gol keempat di menit ke 90. Kini jepang memperlebar jarak menjadi 4-1.  Tak berhenti disini dua menit kemudian Suzuki Ryuga menutup laga dengan gol cantik dan membuat kedudukan menjadi  5-1.(zul/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Gol Kubo Bawa Jepang Unggul atas Indonesia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler