SBY Sebut Demokrat Kemungkinan Besar Punya Haluan Baru Setelah Anies Pilih Cak Imin

Jumat, 01 September 2023 – 17:45 WIB
Pak SBY bicara soal keputusan Demokrat. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan partainya sangat mungkin akan membentuk koalisi baru.

Hal itu terjadi setelah Partai NasDem dan bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan dianggap berkhianat.

BACA JUGA: Pertemuan SBY, Anies dan Tim 8: Bahas Strategi Kampanye hingga Pengumuman Bacawapres

Pasalnya mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyetujui Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai pendampingnya.

"Sangat mungkin kami punya rumah baru, tempat baru, tetapi melanjutkan yang sudah baik tetap. Kami bisa berdiskusi perbaikan seperti apa yang kami lakukan dengan mitra koalisi yang baru nanti, semua terbuka untuk itu," kata SBY di Cikeas, Jawa Barat, Jumat (1/9).

BACA JUGA: Sowan Pak SBY di Cikeas, Anies Baswedan Diberi Strategi Melangkah sampai Februari

Meski begitu, SBY meminta pengertian para kader untuk bersabar terkait keputusan yang akan diambil para pimpinan partai.

Dia memastikan bahwa semua pimpinan partai dari tingkat daerah hingga cabang akan dilibatkan untuk menentukan nasib Demokrat ke depan.

BACA JUGA: Anies Berduet dengan Cak Imin, Ketua Demokrat Riau: Banyak Masyarakat Kecewa

"Jadi, saya mohon pengertian tidak mungkin hari ini, besok, lusa kami ambil keputusan apa begitu. Namun, olah secara seksama, didiskusikan seksama," lanjutnya.

Presiden ke-6 Republik Indonesia itu juga mengatakan bahwa dirinya mendukung langkah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengenai sikap yang akan diambil.

"Karena begini, ketum mengatakan saya tentu sangat mendukung sikap kami seperti apa nanti? Pilihan koalisi seperti apa? Capres siapa yang kami dukung?" kata SBY.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh disebut telah melakukan pengkhianatan terhadap Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang dibentuk bersama Partai Demokrat, dan PKS.

Koalisi Perubahan untuk Persatuan mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada Pilpres 2024.

Awalnya, ketiga ketua umum partai sepakat menyerahkan pilihan sosok cawapres kepada Anies Baswedan. 

Namun, hal itu berubah setelah Surya Paloh memasangkan Anies Baswedan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsa.

"Persetujuan ini dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketum NasDem Surya Paloh. Kami melakukan konfirmasi berita tersebut kepada Anies Baswedan. Dia mengonfirmasi bahwa berita tersebut adalah benar. Demokrat 'dipaksa' menerima keputusan itu," kata Riefky dalam keterangannya yang diterima JPNN.com, Kamis (31/8). (mcr8/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anies Baswedan Bakal Menemui SBY di Cikeas Hari Ini


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler