SBY: Tak Ada Toleransi Bagi Perusuh Pemilu

Rabu, 08 April 2009 – 11:25 WIB
VIDEOCONFERENCE- SBY dan JK teleconference dengan para gubernur se-Indonesia dari Istanma Negara Jakarta, Rabu (8/4). Foto: Agus Srimudin/JPNN.
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam teleconference dengan Gubernur, Kapolda, dan Pangdam seluruh Indonesia dari Istana Negara Jakarta, menginstruksikan agar menyelenggarakan pemilihan umum legislatif yang berlangsung Kamis (9/4) bisa berjalan dengan aman dan lancarSBY menegaskan tak ada toleransi bagi siapa saja yang berbuat anarkis dan suruh dalam proses Pemilu 2009.

”Saya minta semua jajaran pemerintahan dan aparat keamanan untuk bisa berkerjasama dengan seluruh komponen penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu, termasuk pandai-pandai menjalin kerjasama dengan pers dan media

BACA JUGA: Peluang Golkar, PDIP dan Demokrat Tetap Sama

Semua kita mesti punya tekad dan semangat untu menyukseskan pemilu besok,” tegas SBY di Istana Negara, Rabu (8/4).

“Instruksi saya, pertama; saya minta semua mengambil tanggung jawab atas kepemimpinan saudara semua
Kepemimpinan sauadara sangat penting, menjamin semua sasaran betul-betul bisa diambil

BACA JUGA: Menguji Mesin Politik Partai

Saya percaya penuh kepada saudara, karena kita punya tekad, semangat, moralitas, tanggung jawab, etika, dengan mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan yang lain,” lanjut SBY didampingi Wapres Jusuf Kalla (JK), para menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Kapolri, Panglima TNI, dan Kepala BIN.

Kedua, kata SBY, pada saat-saat critical di lapangan, boleh jadi saat penghitungan suara dan pemilu
SBY berharap semua kepala daerah dan aparat keamanan, betul-betul ikut memantau dan mengawasi di lapangan

BACA JUGA: Diperkirakan Hanya 11 Partai Lolos PT

Itu penting bila ada sesuatu hal bisa langsung diatasi dengan baik.

“Ketiga, saya menggarisbawahi, ini menjadi tugas kita untuk meyakinkan seluruh masyarakat Indonesia, tidak ada pikiran dari kita semua, untuk membikin pemilu ini ada kecurangan-kecuranganPemerintahan ini adalah pemerintahan kita bersamaKita bisa bantu tugas KPU, mari kita sukseskan pemilu ini dengan kehormatan dan tanggung jawab yang tinggi,” cetusnya.

Selain itu, SBY juga menekankan aspek keamanan pada pemilu nanti.“Cegah semua kemungkinan gangguan keamananTanggulangilah bila sudah terjadi, dan lakukan sesuai ketentuan undang-undang dan hukum yang berlakuTidak ada toleransi kepada mereka yang melakukan tindakan anarkis dan kerusuhan dan gangguan keamanan, pastikan itu,” tukasnya.

SBY mengajak semua komponen bangsa untuk berdoa dan penuh harap semoga Pemilu legislatif 2009 berjalan dengan lancar, aman, demokratis, dan sukses“Insyaallah, Tuhan bersama kita,” pungkasnya.(gus/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SBY Bilang, Semua TPS under Control


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler