SBY Tebar Pesan Bahwa Keadilan Bukan Hanya Pembangunan Fisik

Senin, 19 Juni 2017 – 12:57 WIB
Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - Partai Demokrat menggelar road show lima hari tanpa henti. Ketua umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyapa kader dan masyarakat di Provinsi Jawa dengan melalui jalur transportasi darat.

TRI MUJOKO BAYUAJI, Jakarta

BACA JUGA: Ini Saran Mas Ibas Soal Sekolah Lima Hari

RANGKAIAN Safari Ramadan Partai Demokrat berlangsung sejak 12 Juni dan diakhiri 17 Juni lalu. Wilayah Jawa Barat hingga Jawa Timur memang menjadi sasaran utama Partai Demokrat untuk menggelar road show.

Sebab, pada 2018 nanti, banyak daerah di Jawa yang terlibat perhelatan pilkada. Serentak. Berturut-turut, Jawa Barat akan menggelar 17 pilkada, Jawa Tengah 8 pilkada, dan Jawa Timur 19 pilkada.

BACA JUGA: Pimpinan Ponpes Al-Qodiri Doakan NasDem Terus Berkibar

’’Untuk Safari Ramadan kali ini, kami bertemu banyak kader. Sekaligus konsolidasi dan pemetaan strategi pemenangan Pilkada 2018,” kata juru bicara Partai Demokrat Imelda Sari.

Dipilihnya jalur darat sebagai sarana transportasi juga bukan tanpa pertimbangan. Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selama ini sering menggunakan kereta sebagai sarana transportasi bersama keluarga.

BACA JUGA: Gantengnya Agus Yudhoyono Pakai Jersey dan Slayer Arema

Dalam satu dua kesempatan sebelumnya, SBY bersama keluarga sempat berlibur dengan menyewa kereta wisata Imperial milik PT KAI.

Imelda menyebut, sepanjang perjalanan kereta, sosok SBY tidak pernah absen memberikan kuliah umum kepada jajaran pengurus Partai Demokrat.

Sejak hari pertama menaiki kereta eksekutif Cirebon Express menuju Kota Cirebon, SBY sudah memberikan kuliah terkait Pancasila.

’’Pak SBY banyak menyampaikan isu terkait keadilan sosial. Bahwa keadilan bukan hanya pembangunan fisik saja,” kata mantan jurnalis itu. SBY selama di kereta juga memberikan kuliah terkait isu ekonomi.

Cirebon merupakan lokasi pertama Safari Ramadan. Selama temu kader, SBY bersama istri Ani Yudhoyono, putra kedua Edhie Baskoro Yudhoyono, dan pengurus Partai Demokrat juga memberikan santunan kepada masyarakat sekitar.

Setelah dari Cirebon, SBY dan rombongan menumpang kereta Argo Anggrek menuju Semarang. ”Di Semarang, selain konsolidasi, ada buka puasa bersama masyarakat,” ujar Imelda.

Saat di Semarang, putra pertama SBY, Agus Harimurti Yudhoyono, menyusul ikut rombongan. Menurut Imelda, kehadiran AHY memang banyak ditunggu kader muda Partai Demokrat. Sejak Februari lalu, banyak aspirasi dan permintaan kader muda untuk bertemu langsung dengan AHY.

”Baru kemarin terealisasi. Mas Agus dari Mongolia langsung menyempatkan diri ikut rombongan (Safari Ramadan). Mas Agus memang sudah banyak yang menunggu,” kata Imelda.

Di Semarang, Safari Ramadan Partai Demokrat menyempatkan diri wisata kuliner, yakni mencicipi soto bangkong.

Pada perjalanan hari ketiga atau Rabu (14/6), rombongan Partai Demokrat bertolak dari Stasiun Tawang menuju Pasar Turi, Surabaya. Imelda menyebut antusiasme kader dan masyarakat setelah rombongan tiba di Jatim sangat meriah.

Dari Pasar Turi, rombongan SBY menggunakan bus langsung bertolak menuju Malang. ”Konsolidasi di Jatim kami fokuskan di Malang, sedangkan Mas AHY bertemu kalangan netizen,” ujarnya.

Saat di Malang, SBY menyempatkan diri sahur di Warung Subuh. Di salah satu wisata kuliner terkenal di Malang itu, SBY penasaran ingin mencicipi masakan khasnya.

Beberapa menu yang disantap SBY dan keluarga adalah sayur oblok-oblok, serundeng, hingga sup buntut. ”Rame banget waktu itu di Warung Subuh. Pak SBY sahur sekitar pukul 2.30 (WIB),” kata Imelda.

Pada hari keempat, lanjutan Safari Ramadan Partai Demokrat dikhususkan di Surabaya. Dalam perjalanan menuju Surabaya, rombongan Partai Demokrat mampir di Masjid Muhammad Cheng Ho di Pandaan. SBY juga menyempatkan diri mampir di Lawang, membeli oleh-oleh.

Di Surabaya, giliran AHY yang sibuk menyampaikan presentasi kepada para mahasiswa di DBL Arena. Sementara itu, pada hari kelima, Safari Ramadan Partai Demokrat adalah menggelar pertemuan dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

”Inti safari ini adalah menyapa kader dan masyarakat. Target kami adalah merebut kemenangan di Jawa, lalu menang Pemilu 2019,” kata Imelda. (*/c17/fat)

BACA ARTIKEL LAINNYA... NasDem Diharapkan Melanjutkan Perjuangan Hasyim Muzadi Menjaga Keutuhan NKRI


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler