Scan C1, Jarot-Askiman Unggul Jauh

Jumat, 11 Desember 2015 – 07:48 WIB

jpnn.com - SINTANG- Calon Bupati Sintang mulai memberikan himbauan kepada para pendukungnya dan awak media untuk mengawal hasi Pilkada. Sampai Jumat (11/12) ini, hasil scan Form C1 di website Komisi Pemilihan Umum (KPU), menempatkan Calon Bupati-Wakil Bupati Sintang, Jarot-Askiman unggul sementara dengan 48.051 suara (50,8 persen). 

Dengan perolehan suara yang telah melebihi 50 peren itu, Jarot-Askiman berada di atas angin karena ini menjadi real count perhitungan dari TPS-TPS secara langsung. Mereka mengalahkan Ignasius-Senen 23.470 suara (24,81 persen) dan Agrianus-Chomain 23.073 suara (24,39 persen).

BACA JUGA: Siap-siap! Pemungutan Suara Ulang

"Kami berharap semua pihak untuk menjaga suara ini, mulai di tingkat PPK hingga KPU. Kita optimis hasil perolehan ini tidak akan jauh berbeda dengan hasil akhir rekapitulasi KPU," kata Jarot Winarto, Calon Bupati Sintang kepada Rakyat Kalbar (grup JPNN), Kamis (10/12).

Sementara Calon Bupati Sintang Nomor Urut 2, Senen Maryono mengaku, timnya belum mengumpulkan semua data hasil penghitungan suara. "Kita masih menunggu Form C1," katanya.  Senen bersama pasangannya, Ignasius Juan pun telah memastikan siap menang atau kalah. "Kalah atau menang bukan untuk pribadi, tetapi untuk masyarakat Sintang," ujarnya.

BACA JUGA: Panwas Sita Uang Rp 1.075.000 dari Warga

Ketua KPU Sintang, Supranto Aji mengatakan, saat ini sedang fokus menggunakan metode penghitungan suara melalui scan Form C1 dan langsung di upload di website. Hal ini memang cara baru baru dan baru kali pertama diterapkan di Sintang. 

"Sehingga masyarakat tahu persis, dapat melihat langsung hasilnya, walaupun bukan hasil resmi, setidaknya itu hasil asli dari TPS," tegasnya.

BACA JUGA: Pengusaha Galian Pasir Calon Walikota Cilegon Ini Belum Lempar Handuk

Metode ini sebenarnya telah dilakukan sejak Pemilu 2014 lalu. Namun KPU melakukan penyempurnaan dengan menampilkan rekapitulasi grafik. "Sebelumnya hanya scan formulir C1 saja," tandasnya. (rakyatkalbar/dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pekalongan Kemungkinan Tak Ada Gugatan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler