SEA Games 2021: Witan Sulaeman Tajam, Timnas U-23 Indonesia Gilas Timor Leste

Selasa, 10 Mei 2022 – 21:08 WIB
Para penggawa Timnas U-23 Indonesia saat berlaga di SEA Games 2021. Foto: SEA Games 2021.

jpnn.com, HANOI - Timnas U-23 Indonesia akhirnya meraih kemenangan perdana di Grup A SEA Games 2021 setelah menggasak Timor Leste 4-1.

Bertanding di Stadion Viet Tri, Vietnam, Selasa (10/5) malam WIB, Garuda Muda sempat kesulitan di awal-awal laga.

BACA JUGA: Jelang Berangkat ke SEA Games 2021, Kontingen Judo Indonesia Ditargetkan Ini

Timor Leste, bahkan langsung mendapat hadiah penalti buah kecerebohan dari Marc Klok. Gelandang Persib Bandung itu melanggar Mouzinho Barreto De Lima di kotak terlarang.

Beruntung, kiper Timnas U-23 Ernandi Ari tampil gemilang dengan mementahkan sepakan 12 pas dari Mouzihno.

BACA JUGA: Shin Tae Yong Singgung Rotasi saat Timnas U-23 vs Timor Leste, Siapa Jadi Korban?

Setelah itu, Garuda Muda tampak masih terlalu tergesa-gesa dalam bermain. Barulah pada menit 15', Timnas U-23 berhasil unggul lewat Egy Maulana Vikri.

Berawal dari umpan lambung Witan Sulaeman ke tiang jauh, bola kemudian disambut dengan sundulan Rizky Ridho.

Bek Persebaya Surabaya itu kemudian mengarahkan bola ke mulut gawang Timor Leste. Egy yang berdiri bebas langsung mencocor bola ke gawang Timor Leste. Gol! Indonesia unggul 1-0 atas Timor Leste.

Setelah gol tersebut, Indonesia terus mengurung pertahanan Timor Leste. Namun, peluang dari Irfan Jauhari, Egy Maulana Vikri, hingga Ricky Kambuaya masih bisa dimentahkan kiper Junildo. Alhasil, hingga turun minum, skor 1-0 keunggulan Indonesia tidak berubah.

Memasuki paruh kedua, Shin Tae Yong melakukan sejumlah pergantian dengan menarik ke luar Egy Maualana Vikri dan Irfan Jauhari. Pelatih asal Korea Selatan itu memasukkan Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam.

Hasilnya, permainan Indonesia menjadi lebih hidup. Timnas U-23 akhirnya menggandakan keunggulan pada menit 52' lewat aksi Witan Sulaeman memanfaatkan umpan lemparan ke dalam dari Alfeandra Dewangga.

Garuda Muda semakin di atas angin setelah Fachruddin Aryanto mengoyak gawang Timor Leste lewat sundulannya pada menit 59'.

Ketika sedang asyik mencari gol tambahan, Timnas U-23 dikejutkan oleh gol Timor Leste pada menit 69' via Mouzinho.

Brace Witan Sulaeman pada menit 77' menggenapkan keunggulan Timnas U-23 atas Timor Leste menjadi 4-1. Skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Hasil ini membuat Indonesia mendapat tambahan tiga poin. Namun, Garuda Muda belum beranjak dari posisi keempat klasemen sementara Grup A.

Adapun Timor Leste dipastikan tereliminasi dari SEA Games 2021 karena selalu menelan kekalahan dari tiga laga yang dijalani.

Selanjutnya, Timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Filipina pada partai ketiga, Jumat (13/5) mendatang.(mcr15/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler