Seabad Terate Emas, Ibas Ajak Semua Pihak Pelihara Kearifan Lokal

Jumat, 02 September 2022 – 21:33 WIB
Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengajak semua pihak menjalin dan menjaga silaturahmi serta kekompakan. Foto: Dok Demokrat

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengajak semua pihak menjalin dan menjaga silaturahmi serta kekompakan.

Hal itu dikatakan saat “Upacara Puncak Peringatan 1 Abad Terate Emas untuk Indonesia” pada Jumat (2/9) di Madiun, Jawa Timur. 

BACA JUGA: Mas Ibas Yakin Koalisi Kecil Tak Akan Menang, Demokrat Pasti Dapat Rekan

Menurut Ibas, rasa persaudaraan dapat disaksikan bersama melalui penerapan pada acara peringatan seabad Ternate Emas.

"Ribuan saudara-saudara datang berkumpul di Madiun, dari berbagai wilayah di Jawa Timur maupun luar provinsi. Kemudian ada penampilan budaya daerah, atraksi bela diri tak hanya dari PSHT tetapi juga mengundang perguruan silat lainnya. Kreatif merawat kearifan lokal, menjaga tanah air kita,” kata Ibas.

BACA JUGA: Umumkan Kelahiran Anak Keempat, Mas Ibas dan Mbak Aliya Kebanjiran Doa dari Warganet

Ibas diketahui sudah dikukuhkan sebagai warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) pada 2018, lalu diundang langsung oleh Pengurus Pusat PSHT. 

Ibas pun menghadiri peringatan 100 tahun PHST bersama ribuan anggota PSHT di Graha Krida Budaya-Padepokan Agung Persaudaraan Setia Hati Terate, Kota Madiun, Jawa Timur.

BACA JUGA: Ibas Dukung UMKM Kolong Klithik Terus Berkembang

Ibas tampak mengenakan seragam PSHT seperti anggota lainnya, celana hitam, dan atasan hitam dengan lambang PSHT. Penampilan dirinya dilengkapi tali kur putih, sabuk putih, dan peci hitam. 

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat ini pun menyampaikan rasa bangganya bisa menjadi bagian dari keluarga PSHT dan dapat merayakan bersama peringatan 100 tahun dari perguruan pencak silat yang didirikan Ki Hajar Harjo Utomo ini. 

"Sebuah kebanggaan dan kehormatan bagi saya bisa menjadi bagian dari warga PSHT. Bahkan hadir pula Panglima TNI Jenderal Adhika Perkasa di tengah-tengah kami semua,” ungkap Ibas. 

Dalam acara hadir pula Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dan Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak. 

Ibas pun mengingat masa saat berlatih menjadi warga, resmi diangkat, hingga saat ini, PSHT selalu menjaga tali persaudaraan dan kekompakan. 

"Kemudian menjaga kekompakan, menjadikan sebagai media untuk menanamkan akhlak mulia, mengamalkan ilmu, kegiatan positif, dan merawat kearifan lokal,” kata Legislator dari Dapil Jatim VII ini.

Ketua Umum PSHT Raden Moerdjoko Hadi Wiyono menyampaikan hakikat baik dari eksistensi pencak silat yang didirikan 1922 itu. 

Kang Mas Moerdjoko menyebut SH Terate hadir di tengah masyarakat hakikatnya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa, dan negara. 

Organisasi paseduluran atau persaudaraan yang dibangun tulus, ikhlas, tumbuh dari hati ke hati. 

"Tidak membedakan latar belakang kehidupan kita masing-masing. Semua kalau sudah di dalam wadah terate adanya saudara tua dan muda. Saling menyangi, menghormati, dan bertanggung jawab,” ungkapnya. 

Ketua Dewan Pusat PSHT Issoebiantoro (Kang Mas Is) mengajak seluruh anggota untuk mewujudkan cita-cita PSHT.

“Hari ini kami warga berbangga dan bersykur dengan penuh kegembiraan dapat memperingati hari ulang tahun yang ke-100 PSHT," katanya.

Dia mengajak semua anggota mewujudkan cita-cita yaitu membentuk manusia yang berbukti pekerti luhur, tahu benar dan salah, beriman, bertakwa pada Tuhan YME, dengan bersikap arif, bijaksana, serta penuh dengan keluhuran budi. (ast/jpnn) 


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler