Sejumlah Klub yang tak Bisa Menggunakan Kandangnya Sampai Piala Dunia U-20 Usai, Ada Persija

Senin, 17 Oktober 2022 – 22:50 WIB
Stadion Utama Gelora Bung Karno. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - FIFA memastikan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 belum berubah meski sempat berada dalam bayang-bayang sanksi setelah Tragedi Kanjuruhan terjadi.

Namun, untuk memastikan kesiapan menjadi host, bakal ada beberapa klub Liga Indonesia yang kemungkinan tak bisa main di kandangnya sampai pertengahan 2023.

BACA JUGA: Piala Dunia 2022 Makin Dekat, Lionel Messi Dibuat Gelisah Hal Ini

Menurut Menpora Zainudin Amali, stadion yang bakal dijadikan venue untuk Piala Dunia U-20 2023 mendatang, diminta oleh FIFA untuk direnovasi dan dimaksimalkan kondisinya.

Artinya, sampai pelaksanaan Piala Dunia kelompok umur itu selesai, klub tak akan bisa main di markasnya. Piala Dunia sendiri digelar pada 20 Mei-11 Juni.

BACA JUGA: Persija tak Lepas Cahya Supriadi dan Aditya Nugraha untuk TC Timnas U-20, Kenapa?

Sesuai proposal yang diajukan oleh Indonesia, ada enam stadion yang akan dipakai.

Mulai dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Manahan Solo, Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

BACA JUGA: Duel Maut Kakak Beradik, Satu Tewas di Tempat, Begini Kronologinya

Menurut Menpora Amali, FIFA meminta rumput untuk diperbaiki dan perawatan kembali. Alhasil, klub seperti Persija, Persebaya, Persis, Bali United dipastikan tak bisa berkandang lagi di markasnya sampai Piala Dunia U-20 selesai.

"Saya sebagai penanggung jawab penyelenggaraan sudah berkirim surat kepada FIFA bahwa renovasi akan dimulai Insyaallah akhir Oktober ini, setelah direnovasi maka tidak boleh dipakai sampai Piala Dunia U-20 berakhir," ucapnya.

Soal tidak bisa digunakan itu, lanjut Menpora, pihaknya sudah meminta kepada PSSI untuk menginformasikan kepada anggotanya yang stadionnya dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023.

"Menurut kabar yang saya dapat, PSSI sudah mengomunikasikan dengan Klub Liga 1, Liga 2 dan bahkan Liga 3 kalau ada," tuturnya. (dkk/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler