Sekali Charger Tembus 280 Km, Motor Selis Cetak Rekor

Jumat, 16 Juni 2023 – 20:38 WIB
Unit Selis E-Max Long Rang 280 km berhasil memecahkan rekor sebagai motor listrik yang menempuh jarak terjauh dengan sekali pengisian daya. Foto E-Max LR: Rekor MURI

jpnn.com, JAKARTA - Selis dan SMD dengan unit Selis E-Max Long Rang 280 km berhasil memecahkan rekor sebagai motor listrik yang menempuh jarak terjauh dengan sekali pengisian daya.

Penyerahan piagam ini dilakukan pada Jakarta Fair Kemayoran 2023 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2023, JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

BACA JUGA: Selis Hadirkan Program Subsidi Diskon Hingga 35 Persen, Yuk, Beli Sepeda Listrik

Senior Manager dari Museum Rekor-Dunia Indonesia Triyono,  memberikan piagam rekor MURI kepada Selis. Penghargaan diberikan kepada Direktur Operasional PT Juara Bike Wilson Teoh yang diwakilkan oleh GM Commercial Robin.

Juga kepada Direktur PT Sentramedia Dayautama Tjandra Widjaja yang diwakili Ricky Aguinaldo selaku sales manager.

BACA JUGA: Tahun Depan, VKTR dan Selis Akan Memproduksi Motor Listrik Terbaru

Pada Kamis (8/6), Selis memberangkatkan motor listriknya dari Jakarta ke Brebes dengan hanya sekali pengisian baterai. Adapun motor listrik yang digunakan adalah Selis E-Max Long Range yang bisa menempuh jarak 280 km.

Selis E-Max Long Range ini dikendarai oleh Theo Randaru dari Selis Center Kelapa Gading, Jakarta Utara sampai Exit Brebes, Jawa Tengah.

BACA JUGA: BAMS Tetapkan Standardisasi Baterai Motor Listrik di Indonesia

MURI sudah memverifikasi bahwa hal ini merupakan motor listrik pertama yang bisa menempuh jarak terjauh dalam sekali charge di Indonesia.

Motor listrik Selis E-Max Long Range (LR) ini mencetak rekor jarak tempuh terjauh di Indonesia hanya dalam satu kali pengisian baterai. Jarak yang ditempuh Selis E-Max LR ini adalah 280 km.

Tidak hanya menjadi yang terjauh di lini motor milik Selis, motor listrik Selis E-Max LR ini juga menjadi motor listrik pertama di Indonesia yang bisa menempuh jarak terjauh dibandingkan dengan merk motor listrik lainnya.

Theo Randaru membawa motor listrik Selis E-Max LR dari Jakarta ke Brebes melewati jalur Pantura. Medan yang dilewati juga beragam, seperti kemacetan di daerah Bekasi, flyover di Jakarta, dan banyaknya truk saat perjalanan.

Namun, dengan medan yang beragam ini, Theo Randaru menjelaskan bahwa ia merasa nyaman menggunakan motor Selis E-Max LR.

“Build quality oke. Saya ekspektasinya enggak terlalu tinggi karena saya masih asing dengan produk selis dan ternyata bagus," kata Theo Randaru dalam keterangannya dikutip Jumat (16/6).

Dia melanjutkan tidak ada body fracture, seperti bunyi krek krek, padahal saat riding menghantam lobang bolak-balik di Pantura. Suspensi belakang bekerja dengan baik. Suspensi depan perlu koreksi sedikit. Lampunya terang. Joknya empuk dan riding position-nya enggak capek untuk jarak jauh.

Berarti, kata Theo, untuk perkotaan motor ini cukup nyaman. Storage bawaannya cukup luas yang di dalam, muat untuk jas hujan dan tools lainnya. Deck-nya luas, mungkin cukup untuk bawa galon dan tidak mengganggu handling. 

"Performa baterainya bagus dan motornya mudah untuk diajak manuver," terang Theo.

Theo Randaru sendiri merupakan rider asal Indonesia yang sudah riding ke daerah Sumatera, bahkan sampai ke daerah Timor Leste.

Selis E-Max Long Range ini merupakan versi terbaru dari motor listrik Selis E-Max yang sudah ada sebelumnya. Baterai pada motor listrik satu ini berjenis Lithium dengan kapasitas 60V 90Ah.

Baterai inilah yang membuat Selis E-Max LR bisa mencetak rekor motor listrik terjauh dalam sekali charge. Ada pun motor listrik E-Max Long Range yang dapat dibeli oleh masyarakat bisa mencapai jarak tempuh 230 km menggunakan baterai 60V 70 Ah.

Motor listrik Selis E-Max LR yang bisa tempuh 230 km bisa masyarkat lihat pada 14 Juni - 16 Juli 2023, Jakarta Fair Kemayoran 2023 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2023, JIEXPO Kemayoran, Jakarta. 

Selis E-Max LR yang bisa menempuh jarak 230 km ini bisa masyarakat beli dengan harga OTR Jakarta Rp 32,38 juta  Masyarakat tentunya bisa diringankan dengan skema pembelian tanpa menggunakan kartu kredit.

Selain itu, masyarakat akan mendapatkan subsidi sebesar Rp 2 juta untuk leasing tertentu dengan skema yang berbeda.

"E-Max Long Range ini merupakan hasil kerja sama Selis dengan PT Sentramitra Dayautama. Dengan jarak tempuh yang semakin jauh ini, masyarakat bisa dengan tenang membawa motor listrik bepergian hanya dalam sekali charge," jelas Wilson Teoh, Direktur Operasional PT Juara Bike yang memproduksi dan memasarkan Selis.

Hal ini tambahnya, tentunya menjawab keraguan masyarakat akan motor listrik yang hanya bisa menempuh jarak dekat.

Selis E-Max LR ini juga menjadi tambahan pada lini kendaraan listrik Selis. Dengan demikian, masyarakat bisa memilih kendaraan listrik sesuai kebutuhan jarak tempuh, seperti 40 km, 60 km, 120 km, dan 230 km.

Adapun baterai yang ada pada Selis E-Max LR merupakan baterai yang dikembangkan bersama perusahaan baterai dari Indonesia, yaitu PT Sentramitra Dayautama (SMD). SMD merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang energi listrik untuk mendukung penggunaan barang elektronik berbasis baterai, termasuk baterai untuk motor.

Direktur PT Sentramitra Dayautama Tjandra Widjaya menjelaskan Selis E-Max Long Range menggunakan baterai lithium (LiFePO4) dengan kapasitas 60V 70Ah. Baterai ini memiliki bobot 26 kg dan non-removable.

Teknologi baterai ini dikembangkan oleh PT Sentramitra Dayautama, dengan keunggulan memiliki performa yang andal bergaransi 3 tahun, keamanan yang tinggi karena jauh dari resiko overheat, serta memiliki kepadatan energi. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler