Sekarang Lihat Telapak Tangan Anda, Abrakadabra! Itulah Kondisi Kesehatan Anda

Kamis, 23 Juli 2015 – 11:58 WIB
Ilustrasi.

jpnn.com - BUKAN sulap atau sihir, penyakit Anda bisa dideteksi dari tangan. Bagaimana mungkin? Ketahuilah bahwa tangan dan telapak tangan merupakan bagian saraf paling ujung tubuh manusia. 

Makanya, apapun peristiwa yang terjadi di dalam tubuh bisa dilihat dari telapak tangan. Melalui telapak tangan, sebetulnya Anda sudah bisa melakukan deteksi awal terkait kelainan pada tubuh kita atau penyakit yang ada.

BACA JUGA: Guys! Ini Tips Mencegah Keringat di Area Mr. P dan Ms. V

Di telapak tangan manusia itu tersimpan sekitar 1000 rahasia kesehatan. Analisis pada telapak tangan telah lama dipraktekkan oleh bangsa Yunani.

Di bawah ini merupakan beberapa gangguan kesehatan dari penyakit ringan maupun parah yang bisa dideteksi oleh bagian telapak tangan. (fny/jpnn)

BACA JUGA: Usai Lebaran, Perbanyak Buah dan Sayur

Deteksi Kesehatan dari Telapak Tangan

1. Gemetar

BACA JUGA: Foto Pre Wedding Outdoor Lebih Wah, tapi...

Jika tangan Anda gemetar tak terkendali, pertama, jangan panik. Satu penjelasan yang sederhana untuk getaran tangan bisa jadi Anda mengonsumsi terlalu banyak kafein. Dan beberapa obat, termasuk obat asma dan antidepresan juga bisa mengakibatkan tangan Anda gemetar. 

"Penyebab yang lebih jarang bisa jadi penyakit Parkinson, gangguan sistem saraf yang memengaruhi pergerakan," kata asisten profesor klinis dermatologi di New York Presbyterian/Columbia di New York City, David E. Bank, MD, seperti dilansir laman Yahoo Health, Rabu (22/7).

2. Kuku Rapuh

Jika kuku Anda mudah rapuh maka Anda mungkin kekurangan zinc yang seharusnya bisa membantu pertumbuhan dan pembaruan sel kulit. Pertimbangkan untuk menambahkan makanan kaya zinc untuk diet Anda, yang bisa ditemukan di bibit gandum, oat, kacang-kacangan dan daging. 

3. Kulit Terkelupas

Jika kulit di ujung jari Anda tiba-tiba terkelupas, Anda mungkin kekurangan vitamin B. Vitamin B seperti niacin (B3) dan biotin (vitamin B7) ekstra penting bagi kesehatan kulit.

"Mengonsumsi suplemen biotin membantu untuk mempromosikan kulit yang sehat dan pertumbuhan kuku, niacin membantu melindungi dan memperbaiki kulit dengan mencegah pembentukan melanin, meningkatkan pertumbuhan kolagen dan meningkatkan kelembaban alami kulit Anda," kata Bank. 

Makanan kaya niacin bisa Anda temukan pada ikan, kacang, jamur, alpukat dan tuna.

4. Kuku Pucat 

Jenis perubahan warna bisa menjadi tanda anemia yang berarti Anda tidak membuat sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup dan memadai untuk jaringan tubuh Anda. 

5. Jari Berwarna Biru

Ujung jari yang mengalami perubahan warna dari putih menjadi biru dan merah bisa menandakan sindrom Raynaud. "Kondisi ini menyebabkan dinginnya jari tangan dan kaki dan bisa disertai nyeri, mati rasa dan kesemutan," kata Bank.

Pengobatan terbaik: Mengenakan sarung tangan, minum obat yang diresepkan dan menghindari stres emosional, merokok dan paparan suhu dingin.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Bahaya yang Mengintai di Kolam Renang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler