Sekolah Kesetaraan Gratis Beri Akses Pendidikan untuk Anak-Anak

Selasa, 13 Agustus 2024 – 22:38 WIB
Jumpa pers donasi untuk Sekolah Keseteraan Gratis. Foto: Djainab Natalia Saroh/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Mastercard bersama Central Department Store dan BenihBaik menggalang dana lebih dari Rp 750 juta untuk mendirikan Sekolah Kesetaraan Gratis.

Inisiatif ini akan memberikan akses pendidikan berkualitas yang setara bagi anak-anak kurang beruntung. Kolaborasi ini diharapkan dapat mendukung kesetaraan pendidikan di Indonesia.

BACA JUGA: Mastercard Berdayakan UMKM Melalui Kemitraan Grab dan BenihBaik

"Kami harap melalui sekolah ini, anak-anak yang putus sekolah karena masalah ekonomi, bisa melanjutkan dan mengejar mimpi mereka kembali," kata Kong Surapongpracha, Direktur Central Department Store dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (13/8).

Sebagai bagian dari inisiatif ini, Mastercard mendonasikan Rp 25.000 untuk setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit atau debit Mastercard pada periode 25 September hingga 31 Desember 2023.

BACA JUGA: InfraDigital, Mastercard dan Poltek SSN Luncurkan Cybersecurity Training Sub Batch 2

Selain itu, Mastercard juga mencocokkan setiap donasi yang dilakukan oleh pemegang kartu Mastercard di situs BenihBaik.com, hingga Rp250.000 per donasi.

Country Manager and President Director, Indonesia Mastercard Aileen Goh menambahkan, inisiatif ini membuka lebih banyak peluang bagi anak-anak kurang beruntung untuk belajar dan berkembang secara menyeluruh.

BACA JUGA: PLN Peduli dan BenihBaik Bangkitkan Potensi Diri Kaum Perempuan Pesisir Jepara

Selain itu, membekali mereka dengan keterampilan hidup dan pendidikan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan potensi mereka – terlepas dari latar belakangnya.

"Kolaborasi ini menunjukkan komitmen Mastercard terhadap “Doing Well by Doing Good”-memberikan dampak positif bagi komunitas lokal dan membentuk dunia yang lebih inklusif," tutur Aileen Goh.

Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan pendidikan dan literasi di kalangan anak-anak, Mastercard dan Central telah mendirikan Rumah Baca Silo dan Rumah Baca Maranatha di Biak, Papua.

Hingga kini, kedua rumah baca tersebut telah memberikan dampak positif terhadap 443 individu, termasuk 300 anak-anak dan 143 orang dewasa yang mendapatkan manfaat dari sumber pembelajaran seperti buku dan program edukasi.

"Program ini juga akan memberikan pendampingan dan pelatihan sesuai jenjang, dengan memanfaatkan fasilitas publik seperti aula atau ruangan milik desa," ungkap Andy F Noya, pendiri Benihbaik. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler