Ajak PKK Pusat Kampanyekan Masker, Bu Tito Karnavian Bagikan Tips Jaga Imun Tubuh

Selasa, 04 Agustus 2020 – 22:48 WIB
Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian menyosialisasikan penggunaan masker pada masyarakat padat penduduk di Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta, Selasa (4/8). Foto: Humas TP PKK

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian mengajak masyarakat peduli terhadap penggunaan masker di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

Tri turun langsung membagikan dan menyosialisasikan penggunaan masker kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian.

BACA JUGA: Jokowi dan Sejumlah Menteri Tak Pakai Masker Saat Rapat, Begini Alasan Istana

Langkah tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo agar TP PKK berperan memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Hari ini (Selasa), kegiatan rutin kami memberikan nasi kotak kepada masyarakat, membagikan masker, menyosialisasikan protokol kesehatan, menjaga jarak dan kemudian mencuci tangan," ujar Tri di Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta, Selasa (4/8).

BACA JUGA: Nevi Zuairina: Pemerintah Mesti Lindungi Pasar Rakyat Terdampak Pandemi Covid-19

Menurut Tri, TP PKK tak pernah bosan mengingatkan masyarakat mematuhi peraturan di mana pun berada.

Istri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian itu mengakui masih ada saja masyarakat yang tidak nyaman menggunakan masker.

BACA JUGA: Impor Garam Masih Marak, Begini Respons Andi Akmal DPR

Namun, harus ada kesadaran bahwa pemakaian masker sangat penting untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Masker gunanya untuk melindungi agar tidak tertular Covid-19. Dengan memakai masker, artinya menghindari akibat fatal yang ditimbulkan Covid-19," katanya.

Tri berharap masyarakat dibantu perangkat pemerintahan di semua tingkatan, menyadari pentingnya memakai masker dan menjaga jarak. Selain itu juga penting mencuci tangan, agar selalu sehat.

Secara khusus Tri membagikan tips menjaga imun tubuh. Pertama, makan makanan yang bergizi agar tubuh sehat dan bugar. Kemudian, rajin berolahraga.

"Olahraga akan membantu kekuatan fisik, kemudian istirahat yang cukup, juga melakukan kegiatan-kegiatab yang bersifat menyenangkan untuk menghindari stres," katanya.

Dalam kesempatan kali ini TP PKK sedikitnya membagikan seribu lebih masker. Pembagian masker tidak hanya dilakukan Jakarta, namun di seluruh Indonesia. Kegiatan bagi masker telah dilakukan TP PKK sejak April lalu.

"Kegiatan ini kami laksanakan sejak awal April, sejak virus covid ini merebak, kami sudah bergerak membagikan masker, membagikan hand sanitizer, sampai sabun cuci tangan, juga bantuan sembako, serta nasi bok kepada masyarakat," katanya.

Sasaran penerima umumnya masyarakat yang berada di permukiman padat penduduk, vaik yang berada di zona merah maupun hijau.

Tri Suswati juga menyinggung soal pentingnya berjemur di bawah sinar matahari.

Menurutnya, hasil penelitian memperlihatkan Covid-19 tidak tahan dengan sinar matahari. Virus akan  mati oleh sinar matahari yang mengandung gelombang UV.

"Kita sangat diuntungkan, Indonesia punya sinar matahari. Jangan ragu-ragu memanfaatkan sinar matahari yang gratis ini," pungkas Tri Suswati.(gir/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler