Selain Sumber Vitamin, Ini Berbagai Manfaat dari Tomat

Kamis, 25 Oktober 2018 – 10:25 WIB
Tomat hasil panen petani di Karo, Sumatera Utara. Foto: humas Kementan

jpnn.com - Lycopersicum esculentum Mill atau biasa yang disebut tomat adalah tanaman yang berasal dari Amerika latin. Buah tomat memiliki rasa yang sedikit asam dan sering digunakan untuk campuran masakan seperti sup, semur dan sambal. Kadang juga tomat dimakan begitu saja sebagai lalapan.

Tomat memilik kandungan lycopene, sehingga bisa mencegah terjadinya kanker prostat. Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan, seperti dilansir laman MSN, Rabu (24/10).

BACA JUGA: Harga Cabai Rawit Meroket, Tembus Rp 72 Ribu

Sumber vitamin

Satu buah tomat bisa menyediakan sekitar 40 persen dari minimum vitamin C yang direkomendasikan setiap hari. Terlebih lagi, tomat memasok vitamin A, yang mendukung kekebalan, penglihatan dan kesehatan kulit. Vitamin K juga bagus untuk tulang Anda dan kalium, merupakan nutrisi kunci untuk fungsi jantung, kontraksi otot dan mempertahankan tekanan darah yang sehat dan keseimbangan cairan.

BACA JUGA: Konsumsi 2 Tomat Sehari Bisa Cegah Penyakit Paru-paru

Melindungi kesehatan jantung

Tomat mengandung antioksidan yang disebut lycopene, yang bertanggung jawab untuk warna merah mereka. Penelitian menunjukkan bahwa dalam hal manfaat kesehatan jantung, lebih efektif untuk makan tomat dan produk tomat daripada mengonsumsi suplemen lycopene.

BACA JUGA: Tomat Bisa Membuat Rambut Wangi Sepanjang Hari, Ini Caranya

Penelitian lain menunjukkan bahwa kadar likopen darah yang lebih tinggi terkait dengan tingkat kematian yang lebih rendah untuk orang-orang dengan sindrom metabolik, sekelompok faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan mengembangkan penyakit jantung, diabetes dan stroke.

Meningkatkan penglihatan

Lycopene juga baik untuk mata Anda. Dan itu bukan satu-satunya nutrisi pelindung peeper dalam tomat, mereka mengandung lutein dan beta-karoten juga. Menurut penelitian, nutrisi tersebut mendukung penglihatan dan melindungi terhadap kondisi mata termasuk katarak dan degenerasi makula.

Melancarkan pencernaan

Cairan dan serat dalam tomat bisa membantu jika Anda rentan terhadap konstipasi. (Menurut USDA, satu tomat besar mengandung 6 ons cairan dan 1,5 gram serat). Ketahuilah bahwa pada beberapa orang, keasaman dari tomat yang dimasak bisa memicu atau memperburuk refluks asam dan gangguan pencernaan.

Membantu menurunkan kadar gula darah

Tomat bisa menjadi makanan pelindung bagi penderita diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian, orang dengan diabetes yang disuplementasi dengan tomat matang selama 30 hari mengalami penurunan peroksidasi lipid, reaksi berantai di mana zat yang disebut radikal bebas menyerang lemak yang menyebabkan kerusakan dan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Ini sangat penting, karena diabetes menggandakan risiko stroke dan serangan jantung.

Melindungi dari kanker

Studi observasional telah menemukan hubungan antara superstar senyawa lycopene dan lebih sedikit insiden kanker prostat, ovarium, paru-paru dan perut.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pasokan Kurang, Harga Kebutuhan Pokok Terus Naik Usai Lebaran


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler