Selain Timnas Indonesia, 5 Negara Ini Turut Bawa Pemain Naturalisasi di Piala AFF 2020

Selasa, 07 Desember 2021 – 10:25 WIB
Pemain naturalisasi timnas Indonesia, Victor Igbonefo. Foto: Instagram/vicshaga

jpnn.com, JAKARTA - Ajang sepak bola terbesar di Asia Tenggara, yakni Piala AFF 2020 telah bergulir pada Minggu (5/12) lalu.

Sebanyak 10 negara akan bersaing memperebutkan supremasi tertinggi bagi negara di kawasan Asean tersebut.

BACA JUGA: Piala AFF 2020: Jelang Timnas Indonesia vs Kamboja, Wonderkid Persipura Tebar Ancaman

Gelaran Piala AFF 2020 atau yang bernama resmi AFF Suzuki Cup 2020 semakin menarik dengan hadirnya pemain keturunan dan naturalisasi yang diusung masing-masing kontestan.

Pemain keturunan ialah mereka yang memiliki darah atau keturunan satu negara, sedangkan pemain naturalisasi adalah orang yang menjalani status perubahan kewarganegaraan dari satu negara ke negara lain.

BACA JUGA: Hasil Piala AFF 2020: Drama 4 Gol, Malaysia Hajar Kamboja

Para pemain keturunan dan naturalisasi dianggap memiliki kualitas sedikit di atas para pemain lokal sehingga banyak negara Asia Tenggara mengandalkan mereka.

Geliat naturalisasi yang dilakukan negara-negara Asean juga menjadi salah satu strategi agar bisa bersaing di level yang lebih tinggi, termasuk di level Asia.

BACA JUGA: AFF 2020: Pesan Khusus Shin Tae Yong Jelang Indonesia Vs Kamboja

Pada gelaran AFF 2020 ini setidaknya ada enam negara yang membawa pemain keturunan dan naturalisasi, termasuk Indonesia. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, simak di bawah ini.

1. Indonesia

Timnas Indonesia membawa dua pemain keturunan dan satu pemain naturalisasi. Dua pemain keturunan yang dimaksud adalah Elkan Baggott dan Ezra Walian.

Elkan yang berposisi sebagai bek tengah saat ini bermain di klub Inggris, Ipswich Town. Pemuda 19 tahun itu memiliki darah Indonesia dari ibunya, sementara ayahnya merupakan warga negara Inggris.

Sementara itu, Ezra Walian yang lahir di Amsterdam saat ini memilih berkarier di Persib Bandung. Dia memiliki darah Indonesia yang diwarisi oleh ayahnya yang berasal dari Manado.

Adapun satu pemain naturalisasi yang dibawa Timnas Indonesia ialah Victor Igbonefo. Bek senior berusia 36 tahun itu berganti kewarganegaraan dari Nigeria menjadi Indonesia sejak 11 Oktober 2011.

2. Malaysia

Tetangga satu rumpun Indonesia ini terlihat mulai gencar melakukan naturalisasi dan menyaring pemain keturunan. Harimau Malaya membawa satu pemain keturunan dan satu pemain naturalisasi di Piala AFF 2020.

Pemain keturunan yang dibawa Malaysia adalah Dion Cools, pemuda berdarah Belgia-Malaysia. Dion merupakan salah satu pemain andalan klub Denmark, FC Midtjylland.

Adapun pemain naturalisasi yang diusung Malaysia ialah Guilherme de Paula yang sebenarnya warga negara Brasil.

3. Thailand

Pada laga perdana Piala AFF 2020, Minggu (05/12), Thailand memasang dua pemain keturunan dalam starting line up.

Mereka adalah Manuel Bihr dan Tristan Do. Nama pertama merupakan palang pintu berusia 28 tahun yang lahir di Herrenberg, Jerman.

Bihr memiliki ayah orang Jerman dan ibu berasal dari Chiang Mai, Thailand.

Adapun Tristan Do memiliki garis keturunan yang cukup unik. Kakek dari pihak ayah Tristan adalah orang Vietnam yang berimigrasi ke Thailand pada usia muda.

Jadi, secara teori Tristan memenuhi syarat untuk bermain bersama timnas Vietnam, tetapi dia memilih Thailand dan melakukan debutnya pada 2015 lalu.

Selain nama-nama di atas, Thailand juga membawa dua pemain keturunan lainnya, yakni Elias Dollah yang memiliki darah Thailand-Malaysia-Swedia, dan Philip Roller (Thailand-Jerman).

4. Singapura

Singapura bisa dibilang negara kloter pertama yang mengambil kebijakan naturalisasi. Jawara Piala AFF empat kali itu dahulu memiliki pemain naturalisasi yang cukup mentereng, yakni Aleksandar Duric (Serbia).

Kini, di Piala AFF 2020, pasukan Fandi Ahmad membawa satu pemain naturalisasi, yaitu Song Ui-yong.

Lahir di Incheon, Korea Selatan, Song yang kini berkarier di Liga Singapura bersama Lion City Sailors mendapat paspor Singapura pada Agustus 2021.

5. Laos

Laos dipastikan mendapat suntikan tenaga dari kehadiran Billy Ketkeophomphone yang bermain di Ligue 2 Prancis bersama  Dunkerque.

Billy merupakan pesepak bola kelahiran Prancis yang baru saja dinaturalisasi oleh Laos beberapa waktu lalu.

Secara rekam jejak, Billy lahir dari orang tua pengungsi Laos yang melarikan diri ke Prancis pada 1980-an.

6. Filipina

Filipina bisa dibilang sebagai timnas paling beragam di Piala AFF 2020 ini. Mereka banyak membawa pemain keturunan dan naturalisasi.

Beberapa pemain keturunan yang didaftarkan Filipina di Piala AFF 2020 adalah Quincy Kammeraad (Filipina-Belanda), Mike Ott (Filipina-Jerman), serta Christian Rontini (Filipina-Italia).

Sementara di lini depan, Filipina baru saja menaturalisasi striker asal Spanyol, Bienvenido Maranon.

Nama-nama di atas hanya sebagian kecil pemain naturalisasi dan keturunan yang dibawa The Azkaals karena sejatinya skuad Filipina mayoritas diisi pemain keturunan dan naturalisasi.(mcr15/jpnn) 


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler